Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Pastikan Sandy Walsh Absen karena Cedera, Debut di Timnas Indonesia Kembali Tertunda

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 07:30 WIB
shin-tae-yong-pastikan-sandy-walsh-absen-karena-cedera-debut-di-timnas-indonesia-kembali-tertunda
Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh, dilaporkan mengalami cedera yang tidak parah. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memastikan Sandy Walsh tidak akan bermain di dua laga FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina di bulan ini.

Hal itu dikarenakan pemain naturalisasi berdarah Belanda mengalami cedera betis saat berlatih di Lapangan Thor, Surabaya, Rabu (7/6/2023) lalu.

Berdasarkan hasil MRI, cedera Sandy Walsh cukup mengkhawatirkan sehingga harus absen untuk tampil menghadapi Palestina pada Rabu (14/6/2023) besok.

Padahal sebelumnya, mantan anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani sempat mengabarkan cedera yang dialami pemain KV Mechelen itu tidak terlalu parah.

“Tidak bisa main di FIFA Matchday, kali ini. Akan tetapi tidak akan dikembalikan ke klub,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Kompas.com, Kamis (10/6/2023).

Hal ini cukup disayangkan oleh Shin Tae-yong yang berencana memasukkan nama Sandy Walsh ke skuad utama Timnas Indonesia.

“Memang di pikiran saya memang Sandy itu sebagai line up pertama. Namun, karena tidak bisa dimasukkan line up, jadi sangat disayangkan,“ tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Saat ini, Sandy Walsh sedang menjalani perawatan intensif bersama tim medis. Shin Tae-yong pun tak mau memaksakan pemain berposisi sebagai bek kanan itu untuk bermain agar dia bisa kembali ke klubnya dalam kondisi yang fit.

Baca Juga: Kondisi Cedera Sandy Walsh Tidak Parah, Diharapkan Tetap Bisa Debut Bersama Timnas Indonesia

"Namun, saya dan tim pelatih berusaha agar bisa mengikuti pertandingan pembukaan musim kali ini,” ucap Shin Tae-yong.

Cedera yang dialami Sandy Walsh kali ini memang cukup ironis. Pemain berusia 28 tahun itu harus menunda debut di Timnas Indonesia untuk yang ketiga kalinya sejak resmi menjadi WNI pada November 2022.

Pada Piala AFF 2022 bulan Desember tahun lalu, Sandy Walsh tak bisa memperkuat Timnas Indonesia. Dia saat itu tidak dilepas oleh KV Mechelen karena ajang tersebut bukan merupakan agenda FIFA.

Lalu pada FIFA Matchday bulan Maret, nama Sandy Walsh tak dimasukkan oleh Shin Tae-yong ke dalam skuad Timnas Indonesia.

Dirinya tak dipanggil untuk membela Timnas Indonesia saat melawan Burundi karena mengalami cedera.

Dan pada FIFA Matchday bulan Juni, Sandy Walsh dipanggil Shin Tae-yong ke dalam skuadnya. Ia pun sangat antusias dengan pemanggilannya ini karena bakal melawan Palestina dan Argentina.

Sandy Walsh pun mempersiapkan dirinya dengan baik dengan tetap berlatih meski musim kompetisi di Eropa sudah berakhir.

Tapi nasib berkata lain, Sandy Walsh harus rela kembali menunda debutnya bersama Timnas Indonesia. Dirinya pun diharapkan fit saat FIFA Matchday selanjutnya dan yang paling utama bisa tampil di Piala Asia 2024 yang digelar di Qatar. 

Baca Juga: Jelang Lawan Indonesia, Skuad Timnas Palestina Tiba di Jakarta


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x