Kompas TV olahraga sports

Puan Maharani Sambut Kontingen ASEAN Para Games 2023: Saya Bangga Indonesia Hattrick Juara Umum

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 01:05 WIB
puan-maharani-sambut-kontingen-asean-para-games-2023-saya-bangga-indonesia-hattrick-juara-umum
Puan Maharani menyambut kontingen Indonesia yang berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 di Bandara Adi Sumarmo, Solo, Sabtu (10/6/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku bangga dengan raihan kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja yang berhasil menjadi juara umum.

Hal itu disampaikan Puan ketika menyambut rombongan kontingen ASEAN Para Games Indonesia yang tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo, dari Kamboja, pada Sabtu (10/6/2023) Pukul 17.00 WIB.

Politikus PDI Perjuangan itu memberi selamat sambil menyalami dan mengalungkan bunga kepada para atlet dan pelatih yang telah berjuang di pesta multicabang olahraga atlet berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas se-Asia Tenggara itu.

Atas prestasi di ASEAN Para Games 2023, Puan memberikan apresiasinya dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada kontingen Indonesia yang berhasil meraih hattrick juara umum. 

"Saya merasa bangga atas capaian kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 yang digelar di Kamboja ini. Prestasi seluruh anggota kontingen Indonesia mampu membawa Indonesia hattrick juara umum ASEAN Para Games," kata Puan dalam rilis yang diterima Kompas TV.

“Ini menjadi bukti, bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil dan hasil tidak mengkhianati usaha,” imbuhnya.

Puan menambahkan, kesuksesan tersebut tidak terlepas dari peran rakyat Indonesia sebagai suporter bagi atlet-atlet ASEAN Para Games. Ia mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan juga keberhasilan seluruh rakyat Indonesia.

“Kesuksesan ini juga berkat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, termasuk suporter Indonesia yang berada di Kamboja,” lanjut perempuan yang pernah menjadi Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games 2018 itu.

Baca Juga: ASEAN Para Games 2023: Cabor Bulu Tangkis Indonesia Raih Juara Umum

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk kolaborasi kontingen Indonesia, Pemerintah dah stakeholder-stakeholder terkait, serta tentunya seluruh masyarakat Indonesia yang tak hentinya memberi semangat para atlet kita,” ucapnya.

Seperti yang diketahui, dalam ajang ASEAN Para Games 2023, Indonesia sukses menjadi juara umum dengan raihan 159 medali emas, 148 perak dan 94 perunggu sehingga total memperoleh 401 medali. 

Perolehan tersebut belebihi target Pemerintah dalam ASEAN Para Games 2023 yakni sebanyak 121 medali emas.

Indonesia unggul dari pesaing terberatnya, Thailand, yang menempati peringkat kedua, dengan raihan 126 medali emas, 109 perak, dan 92 perunggu. 

Sementara Vietnam berada di peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Prestasi membanggakan ini juga merupakan tonggak sejarah, karena Indonesia berhasil mendapatkan medali terbanyak sejak keikutsertaan Indonesia di ASEAN Para Games saat tidak menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Hasil Akhir ASEAN Para Games 2023: Indonesia Kantongi 159 Medali Emas, Unggul Jauh dari Thailand


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x