Kompas TV olahraga sepak bola

Profil dan Statistik Alexis MacAllister, Calon Gelandang Baru Liverpool

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 00:25 WIB
profil-dan-statistik-alexis-macallister-calon-gelandang-baru-liverpool
Arsip. Alexis Mac Allister dari Brighton mencetak gol dari titik penalti selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Brighton dan Hove Albion dan Manchester United di stadion AMEX di Brighton, Inggris, Kamis, 4 Mei 2023. (Sumber: AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LIVERPOOL, KOMPAS.TV - Gelandang Brighton & Hove Albion, Alexis Mac Allister dilaporkan selangkah lagi bergabung ke Liverpool FC. The Reds dilaporkan telah mengaktifkan klausul pelepasan dalam kontrak sang pemain di Brighton.

Transfer Mac Allister diyakini akan dirampungkan Liverpool pada pekan ini. Kedatangan gelandang asal Argentina itu dapat menjadi awal perbaikan lini tengah The Reds pada bursa transfer kali ini.

Lalu, apa istimewanya Alexis Mac Allister dan apa yang bisa diberikannya ke Liverpool? Berikut profil dan statistik karier Alexis Mac Allister.

Profil Alexis Mac Allister

Alexis Mac Allister lahir di Santa Rosa, Argentina pada 24 Desember 1998. Pria berpostur 1,76 meter ini adalah keturunan Irlandia. Meskipun demikian, nama Alexis Mac Allister merupakan nama Skotlandia.

Baca Juga: Perpisahan dengan Liverpool, Roberto Firmino Teteskan Air Mata

Dua kakak Alexis, Francis dan Kevin juga menjadi pesepak bola. Mereka bertiga menimba ilmu di tim muda Argentinos Juniors.

Mac Allister kemudian mendapatkan debut tim senior pada 30 Oktober 2016. Ia direkrut Brighton pada Januari 2019, kemudian dipinjamkan ke Argentios Junirs dan Boca Juniors hingga Januari 2020.

Alexis Mac Allister melakoni debut di Brughton pada Maret 2020. Ia kemudian menjadi salah satu pemain kunci The Seagulls, terutama pada musim 2022/23.

Statistik Alexis Mac Allister

Musim 2022/23 kemarin dapat dibilang sebagai musim terbaik Mac Allister sejauh ini. Bersama Brighton, ia berlaga dalam 40 pertandingan semua kompetisi, mencetak 12 gol dan tiga asis.

Penampilan brilian Mac Allister turut membantu The Seagulls lolos ke Europa League dengan menempati peringkat enam. Brighton pun lolos untuk pertama kalinya ke kompetisi Eropa.

Di ajang internasional, Mac Allister juga tampil apik selama gelaran Piala Dunia 2022. Ia mencetak satu gol di fase grup dan memberi asis untuk gol Angel Di Maria dalam partai final kontra Prancis.

Sepanjang kariernya di level klub, pemain yang kerap diturunkan sebagai gelandang tengah ini telah mencetak 29 gol dan 19 asis dari 178 pertandingan. 

Gaya main Alexis Mac Allister

Melansir data StatsBomb via FBRef, sebagai gelandang tengah, kekuatan utama Mac Allister adalah kemampuannya melakukan progresi dan mencari ruang tembak. Statistik Mac Allister terbilang cukup baik dalam hal menggiring bola ke area lawan, kreasi peluang, dan mencari ruang tembak.

Di Premier League 2022/23, Mac Allister pun sukses mencetak delapan gol, delapan di antaranya sebagai eksekutor penalti Brighton. Pemain berusia 24 tahun ini mencatatkan volume tembakan per pertandingan yang tinggi dibanding rata-rata gelandang tengah.


Secara statistik, berikut 10 pemain dengan gaya main yang terbilang mirip dengan Alexis Mac Allister.

  1. Giacomo Bonaventura

  2. Ilkay Guendogan

  3. Flavien Tait

  4. Seko Fofana

  5. Federico Valverde

  6. Luka Modric

  7. Matheus Henrique

  8. Eberechi Eze

  9. Daichi Kamada

  10. Nicolo Barella 

Baca Juga: PSIS Semarang Resmikan Transfer Pemain Asal Timor Leste Paulo Gali Freitas

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x