Kompas TV olahraga sepak bola

Man City Juara Piala FA, Pep Guardiola: Mari Bicara Treble Winner!

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 06:30 WIB
man-city-juara-piala-fa-pep-guardiola-mari-bicara-treble-winner
Pelatih kepala Manchester CIty, Pep Guardiola mengangkat trofi Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (3/6/2023).. (Sumber: AP Photo/Dave Thompson)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Pelatih Manchester City Pep Guardiola menaruh target treble winner kepada anak asuhnya setelah berhasil memenangkan Piala FA 2022-23. 

Man City sukses menjadi juara Piala FA musim ini setelah menekuk tetangganya, Manchester United di laga final yang bertempat di Stadion Wembley, London, Sabtu (3/6/2023). 

Cityzen menang dengan skor tipis 2-1 berkat dwigol Ilkay Gundogan (1', 51'). Sementara gol hiburan United lahir dari penalti Bruno Fernandes pada menit 34. 

Ini merupakan gelar Piala FA ketujuh bagi Man City dan kedua kalinya di era kepelatihan Pep Guardiola. 

Baca Juga: Hasil Man City vs Man Utd, Skor 2-1: Cityzen Juara Piala FA 2022-23!

Namun, gelar ini juga menjadi pemantik semangat skuad Cityzen untuk mengukir catatan bersejarah, yakni treble winner. 

Pasalnya, Man City sudah meraih dua gelar musim ini, Premier League dan Piala FA, serta masih akan melakoni pertandingan final Liga Champions 2022-23 kontra Inter Milan. 

"Sekarang, kita dapat membicarakan treble," kata Guardiola dikutip dari BBC Sport. 

"Sebuah keistimewaan kami hanya berjarak satu pertandingan dari itu (treble)."

Baca Juga: Lima Keputusan Guardiola Ini Disebut Penentu Juara Premier League

"Saya sudah mengatakan kepada para pemain saya, Anda harus menekan diri sendiri, bahwa bisa dikatakan pemain bagus, Anda harus menjadi juara Eropa," imbuhnya. 

Sepanjang sejarahnya, hanya ada tujuh klub di konfederasi UEFA, yang pernah merasakan treble winner. Dari Inggris sendiri, hanya ada Manchester United (1999). 

Namun, Guardiola sendiri pernah merasakan manisnya treble kala menjadi pelatih Barcelona 2008-09. Ia memimpin Blaugrana memenangkan La Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions. 

Baca Juga: Pep Guardiola Bidik Treble untuk Manchester City

Kendati demikian, lawan Man City di final juga merupakan pemilik status treble winner, Inter Milan. Nerazzurri pernah meraih treble kala dipimpin Jose Mourinho pada musim 2009-10. 

Menurut jadwal, duel final Liga Champions 2022-23 antara Man City vs Inter Milan akan digelar di Stadion Ataturk Olympic, Istanbul, Turki pada Minggu (11/6/2023) Pukul 02.00 WIB. 

 



Sumber : Kompas TV/BBC Sport

BERITA LAINNYA



Close Ads x