Kompas TV olahraga badminton

Disinggung Taufik Hidayat soal BWF Hall of Fame, Begini Balasan Lee Chong Wei

Kompas.tv - 3 Juni 2023, 22:05 WIB
disinggung-taufik-hidayat-soal-bwf-hall-of-fame-begini-balasan-lee-chong-wei
Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, bertanding melawan pemain tunggal putra India, Prannoy Haseena Sunil Kumar pada pertandingan babak kedua BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis (15/6/2017). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Legenda bulu tangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei, menanggapi komentar dari Taufik Hidayat terkait penghargaan BWF Hall of Fame.

Lee Chong Wei mengatakan bahwa dia sama sekali tidak punya wewenang apa pun mengenai keputusan BWF itu.

Peraih tiga medali perak Olimpiade pun mengaku bingung kenapa Taufik Hidayat menyerang dirinya. Menurutnya, ia harus menanyakan hal tersebut kepada BWF.

"Saya tidak ada hubungannya dengan itu. Taufik harus menghubungi BWF untuk klarifikasi," kata Chong Wei dikutip dari New Strait Times, Sabtu (3/6/2023).

"Saya tidak memaksa BWF untuk memasukkan nama saya ke dalam Hall of Fame. Saya tidak tahu hal itu sampai BWF mengirimi saya surat," lanjutnya.

“Saya tidak tahu apakah Taufik tidak senang atau marah setelah dia tidak terpilih. Dia belum berbicara kepada saya tentang hal itu."

"Saya tidak mengerti mengapa dia menyerang saya," ucapnya.

Baca Juga: Hasil Semifinal Thailand Open 2023: Minions Menyerah di Tangan Liang/Wang

Polemik ini berawal saat Lee Chong Wei dan legenda bulu tangkis asal China, Lin Dan, terpilih masuk ke dalam daftar kehormatan BWF Hall of Fame.

Lee Chong Wei dan Lin Dan pun dilantik dalam upacara resmi di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia, pada Jumat (26/5/2023) lalu.

Akan tetapi, terpilihnya Lee Chong Wei masuk BWF Hall of Fame mendapat sorotan dari legenda bulu tangkis Indonesia yaitu Taufik Hidayat. 

Dalam sebuah podcast di Youtube yang rilis pada 14 Mei 2023, Taufik mempertanyakan bagaimana kriteria BWF untuk memilih Lee Chong Wei masuk Hall of Fame. 

Menurut Taufik, Lin Dan memang layak mendapat penghargaan itu karena prestasinya, namun ia menyebut Chong Wei dipilih karena kantor BWF berada di Kuala Lumpur.

Meski begitu, Taufik tidak menyebut bahwa dirinya seorang pebulu tangkis yang lebih baik daripada Lee Chong Wei.

Akibat komentarnya itu, Taufik Hidayat pun mendapat kecaman dari rakyat Malaysia. Peraih medali emas Olimpiade 2004 itu juga dihujani komentar oleh masyarakat Malaysia di akun media sosialnya. 

Baca Juga: Kandas di Semifinal Thailand Open 2023, Marcus/Kevin Tetap Bersyukur


 



Sumber : New Strait Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x