Kompas TV olahraga sepak bola

Meski Ada Sanksi Administrasi FIFA, Training Center Timnas Indonesia di IKN Tetap Dibangun

Kompas.tv - 11 April 2023, 21:53 WIB
meski-ada-sanksi-administrasi-fifa-training-center-timnas-indonesia-di-ikn-tetap-dibangun
Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga menjawab pertanyaan pewarta di GBK Arena, Jakarta, Selasa (11/4/2023). (Sumber: ANTARA/RAUF ADIPATI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan bahwa pembangunan pusat latihan (training center) tim nasional di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan tetap diwujudkan, meski Indonesia saat ini sedang dijatuhi sanksi administrasi oleh FIFA.

Seperti yang diketahui, buntut dari batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia, FIFA menjatuhkan sanksi administrasi ke PSSI berupa pembekuan dana bantuan FIFA Forward.

FIFA Forward merupakan program dari FIFA untuk membantu federasi anggotanya dalam hal operasional, pembinaan hingga pembiayaan tim nasional.

Meski ada sanksi pembekuan dana dari FIFA, Arya mengatakan, pembangunan training center untuk timnas Indonesia di IKN akan tetap lanjut karena itu merupakan salah satu program dalam transformasi sepak bola nasional.

"Yang pasti TC (Training Center) di IKN, soal pendanaan itu kan sanksi itu, kami harus meyakinkan FIFA bahwa transformasinya jalan," kata Arya saat ditemui di GBK Arena dikutip dari Antara, Selasa (11/4/2023).

"Salah satunya adalah infrastruktur, TC itu termasuk. Jadi nanti kalau misalnya ada progres, maka itu bisa kita ajukan ke FIFA," tuturnya.

Baca Juga: Indra Sjafri: Skuad Timnas U22 Sempat Was-Was Indonesia Dapat Sanksi Berat FIFA

"Tidak ada masalah (dengan sanksi) asalkan nanti tiap progres kita ajukan, tiap progres kita ajukan," imbuhnya.

Sebelumnya, pada akhir Februari silam, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia akan membangun pusat latihan timnas sepak bola di IKN Nusantara. 

Pusat latihan tersebut nantinya terletak di kawasan 1B IKN Nusantara.

Pembangunan training center yang terdiri dari delapan lapangan sepak bola itu diharapkan akan selesai dikerjakan dalam kurun waktu satu tahun.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi juga menuturkan bahwa FIFA akan membantu pembiayaan pembangunan pusat latihan tersebut, yang disebutnya menunjukkan kepercayaan dunia internasional terhadap IKN.

Ketua Umum PSSI Erick Thohi saat itu mengatakan, dirinya bersyukur karena fasilitas pusat latihan timnas akan berada di tengah kota. 

Erick turut menyampaikan, pembangunan pusat latihan tersebut merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi PSSI. 

Baca Juga: Timnas U-22 Buka Bersama dan Gelar Syukuran Atas Sanksi Ringan dari FIFA



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x