Kompas TV olahraga sepak bola

Masyarakat Menilai Erick Thohir Sudah Berjuang Maksimal untuk Piala Dunia U20

Kompas.tv - 10 April 2023, 05:35 WIB
masyarakat-menilai-erick-thohir-sudah-berjuang-maksimal-untuk-piala-dunia-u20
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa Indonesia hanya mendapat sanksi administratif dari FIFA, tidak mendapatkan sanksi berat dengan dikucilkan dari sepak bola dunia. (Sumber: Twitter @erickthohir)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir, berdasarkan hasil survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI), dinilai telah berjuang maksimal oleh masyarakat meski pada akhirnya Piala Dunia U20 batal digelar di Indonesia.

Dalam survei LSI itu, 80,6 persen suara meyakini Erick Thohir telah berjuang maksimal agar FIFA tidak mencabut status tuan rumah Piala Dunia U20 dari Indonesia. 

Sedangkan persentase suara yang tidak puas dengan upaya yang dilakukan Erick ke FIFA hanya sebesar 12,9 persen.

Dengan hasil survei tersebut, pengamat sepak bola Kesit B Handoyo sepakat dengan apa yang disuarakan oleh masyarakat.

"Jika melihat usaha apa yang dilakukan Erick Thohir sudah maksimal. Masyarakat juga menilai hal itu dan saya sependapat," kata Kesit dikutip dari Antara, Minggu (9/4/2022). 

"Hanya saja pemerintah tidak bisa mengontrol aksi-aksi politikus kita menyangkut soal isu penolakan Israel," imbuhnya.

"Seandainya tegas sejak awal, situasinya tidak akan semakin parah. PSSI jadi korban. Dalam situasi yang begini, meski sudah maksimal, sulit bagi Erick Thohir untuk memperbaiki keadaan. Meski demikian, kita patut bersyukur, FIFA tidak menjatuhkan sanksi berat," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengamat sepak bola lainnya yakni M Kusnaeni. Bung Kus berharap ke depannya pemerintah memberikan dukungan penuh kepada para pemangku kepentingan olah raga agar perkembangan olah raga di Indonesia dapat semakin maksimal.

"Ironis juga orang seperti Erick Thohir yang sudah berjuang maksimal, dan sejalan dengan arahan Presiden, tidak mendapat dukungan dari sektor lain," kata Bung Kus.

"PSSI dan pengurus olahraga lain harus duduk satu meja dengan pemerintah. Kita harus putuskan posisi olahraga ke depan seperti apa," tambahnya.

Baca Juga: Indonesia Lolos dari Sanksi Berat FIFA, Erick Thohir: Saya Hanya Bisa Berucap Alhamdulillah!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x