Kompas TV olahraga sepak bola

Presiden CONMEBOL Kaget Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, tapi Dukung Argentina

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 14:12 WIB
presiden-conmebol-kaget-indonesia-batal-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20-tapi-dukung-argentina
Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez (kanan) bersama Presiden FIFA Gianni Infantino. (Sumber: Infobae)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

LUQUE, KOMPAS.TV - Presiden CONMEBOL (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan) Alejandro Dominguez tak menyangka Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

Piala Dunia U20 2023 sejatinya akan digelar di Indonesia mulai 20 Mei-11 Juni mendatang. Tetapi, FIFA resmi mencopot Indonesia sebagai tuan rumah pada Rabu (29/3/2023). 

Maraknya penolakan terhadap Timnas Israel disinyalir menjadi penyebab utama FIFA membatalkan Piala Dunia U20 2023 di Indonesia. 

Kini, FIFA tengah mencari tuan rumah pengganti. Otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu juga menegaskan bahwa tanggal penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023 tidak mengalami perubahan. 

Baca Juga: Argentina Disebut Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Bagaimana Nasib Garuda Muda?

Argentina menjadi kandidat terkuat pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino. 

"Hari ini, Argentina adalah satu-satunya kandidat yang secara formal mencalonkan diri sebagai tuan rumah dan dengan dukungan pemerintahnya," kata Infantino dikutip dari Doble Amarilla. 

"Dalam dua atau tiga hari lagi, biro FIFA akan membuat keputusan," ujarnya. 


 

Sementara itu, Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez mengaku tak menyangka Piala Dunia U20 2023 batal digelar di Indonesia. Namun, dirinya turut mendukung Argentina menjadi pengganti Indonesia.

"Presiden FIFA mendapat dukungan dari saya," kata Alejandro Dominguez dilansir dari Doble Amarilla

"Saya yakin Argentina punya potensi itu. Pertama-tama, karena mengajukan di waktu yang mendadak. Tiada yang menyangka Indonesia batal menjadi tuan rumah," ujarnya. 

Baca Juga: Palestina Sesalkan Indonesia Dicopot jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Ungkap Standar Ganda FIFA

Timnas U20 Argentina sendiri gagal lolos ke Piala Dunia U20 2023. Tim yang diperkuat bintang muda Manchester United Alejandro Garnacho terhenti di fase grup di Kejuaraan U20 Amerika Selatan 2023 yang mana menjadi jalur kualifikasi Piala Dunia U20. 

Namun, sebagai catatan, Timnas U20 Argentina merupakan tim tersukses di gelaran Piala Dunia U20. Mereka telah memenangi turnamen ini sebanyak 6 kali, termasuk edisi 2005 yang kala itu ada sosok Lionel Messi.



Sumber : Kompas TV/Doble Amarilla


BERITA LAINNYA



Close Ads x