Kompas TV olahraga sepak bola

PIala Dunia U20 Batal di Indonesia, Pelatih Persib Bandung Luis Milla: Ini Kesalahan Negara

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 07:00 WIB
piala-dunia-u20-batal-di-indonesia-pelatih-persib-bandung-luis-milla-ini-kesalahan-negara
Pelatih Persib Bandung Luis Milla menyebut batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 adalah kesalahan dari negara. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Pelatih Persib Bandung Luis Milla menyebut batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 adalah kesalahan dari negara. 

FIFA mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 kurang dari dua bulan penyelenggaraan. Turnamen ini rencananya digelar di Indonesia mulai 20 Mei 2023 mendatang. 

Namun, maraknya penolakan terhadap salah satu kontestan, Timnas Israel disinyalir menjadi penyebab utama FIFA mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

Menurut Luis Milla, kejadian ini terjadi karena kesalahan dari negara. 

Baca Juga: Rabbani Tasnim: Kita Nggak Ngerti Politik, Kita Cuma Main Bola di Piala Dunia U20 2023

"Bagi saya, ini adalah kesalahan negara. Bagi saya itu berita yang sangat buruk bahwa indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia," ujar Luis Milla dikutip dari Tribunnews, Kamis (30/3/2023).

Persib Bandung sendiri mengirim tiga pemain ke Timnas U20 Indonesia. Ketiganya adalah Kakang Rudiyanto, Ferdiansyah, dan Robi Darwis. 

Luis Milla dan staf pelatih langsung berkomunikasi dengan ketiga pemain tersebut pasca konfirmasi dari FIFA. 

Mereka mencoba memberikan dukungan moral untuk memotivasi para pemain agar tidak larut dalam kesedihan.

"Tapi kehidupan berlanjut, bukan? Para pemain muda semuanya memiliki karir yang sangat panjang," ucap MIlla melanjutkan.

Baca Juga: Hokky Kecewa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20: Saya Udah Ninggalin Sekolah 3 Tahun

"Sekarang perlu berbicara dengan mereka. Berikan motivasi. Karena mereka memiliki motivasi (untuk bermain), mereka harus mengendalikan pikirannya."


 

"Untuk itu, kami bagi para pelatih untuk memberikan dukungan. Saya yakin besok Kakang dan Robby pasti bermain sangat bagus saat pertandingan, saya yakin," kata eks pelatih Timnas Indonesia itu. 

Sementara itu, Kakang Rudiyanto mengaku sangat kecewa karena tidak bisa tampil di Piala Dunia U20. 

Baca Juga: Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Coach Justin: Nama Kita Tercoreng di Dunia Olahraga

Namun, dia sadar kariernya masih panjang. Dia ingin segera mengalihkan fokusnya kepada Persib Bandung untuk mengarungi sisa musim Liga 1 2022-23.

"Terima kasih untuk pelatih, ofisial, dan semua pemain yang sudah berjuang bersama, semoga kita dipersatukan lagi," ucap Kakang.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.