Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Thailand vs Malaysia: Bungkam Harimau Malaya 3-0, Gajah Perang Tantang Vietnam di Final AFF

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 21:33 WIB
hasil-thailand-vs-malaysia-bungkam-harimau-malaya-3-0-gajah-perang-tantang-vietnam-di-final-aff
Thailand lolos ke final Piala AFF 2022 untuk menantang Vietnam usai mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-1 di semifinal. (Sumber: Twitter @Changsuek_TH)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

RANGSIT, KOMPAS.TV - Thailand berhasil melaju ke final Piala AFF 2022 untuk menantang Vietnam usai mengalahkan Malaysia di pertandingan leg kedua semifinal, Selasa (10/1/2023). 

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Thammasat, Rangsit, Pathum Tani, Thailand, skuad asuhan Alexandre Mano Polking itu sukses membungkam Harimau Malaya dengan skor 3-0.

Thailand yang turun dengan skuad terbaiknya demi mengejar defisit satu gol setelah kekalahan di Kuala Lumpur, langsung menekan ke lini pertahanan Malaysia sejak menit awal. 

Upaya tuan rumah pun membuahkan hasil pada menit 19.

Umpan silang lambung dari Theerathon Bunmathan yang disambut tandukan dari Teerasil Dangda mampu untuk membawa Thailand unggul 1-0 sekaligus menyamakan agregat menjadi 1-1.

Gol tersebut menjadi gol keenam Dangda di ajang Piala AFF 2022 dan untuk sementara memimpin daftar top skor. 

Tertinggal satu gol, pelatih Timnas Malaysia Kim Pan-gon mencoba memberikan instruksi agar timnya tampil lebih menyerang. 

Akan tetapi, Faisal Halim dkk belum mampu untuk menyamakan kedudukan dan skor 1-0 untuk keunggulan Thailand atas Malaysia tetap menjadi pembeda kedua tim saat turun minum. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Media Vietnam Soroti 'Alat Aneh' yang Dipakai Timnas Indonesia dalam Latihan

Memasuki babak kedua, Thailand yang butuh satu gol untuk unggul agregat kembali tampil lebih menyerang. 

Sepuluh menit di paruh kedua, Thailand akhirnya bisa mencetak gol keduanya di laga ini. 

Umpan tarik Ekanit Panya berhasil diselesaikan oleh Bordin Phala yang berdiri bebas di kotak penalti untuk membawa Thailand unggul 2-0.

Pada menit 71, Thailand memantapkan keunggulan mereka dengan gol ketiga yang mereka cetak.

Adisak Kraisorn yang masuk menggantikan Dangda, giliran mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat Thailand semakin di atas angin dengan keunggulan 3-0.

Di sisa waktu pertandingan, tak ada lagi gol yang bisa diciptakan oleh kedua tim. 

Pertandingan Thailand vs Malaysia pun berakhir dengan skor 3-0 dan Thailand berhak lolos ke final dengan keunggulan agregat 3-1.

Pada laga final Piala AFF 2022, Thailand akan menantang Vietnam yang lebih dulu memastikan satu tiket di partai puncak setelah menyingkirkan Indonesia dengan agregat 2-0.

Baca Juga: Timnas Indonesia Digilas Vietnam, Kubur Mimpi Masuk Final AFF 2022

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.