Kompas TV olahraga sapa qatar

Louis van Gaal: Misi Terakhir si Tulip Besi di Piala Dunia 2022

Kompas.tv - 26 November 2022, 19:54 WIB
louis-van-gaal-misi-terakhir-si-tulip-besi-di-piala-dunia-2022
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, dalam laga grup A Piala Dunia 2022 melawan Senegal di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022. (Sumber: AP Photo/Luca Bruno)

DOHA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Belanda Louis van Gaal memastikan akan pensiun dari sepak bola usai Piala Dunia Qatar 2022. Eks juru taktik Manchester United ini telah berusia 71 tahun, juga tengah menjalani perawatan karena kanker prostat.

Van Gaal sendiri awalnya tidak berencana untuk melatih De Oranje di ajang Qatar 2022. Namun, sang pelatih tak menampik ketika ditawari Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) yang butuh pelatih usai mendepak Frank de Boer.

Tawaran KNVB pun bagi Van Gaal menjadi panggilan tugas yang mesti dipenuhi.

“Karena, sebatas tidak ada (pelatih lain) yang tersedia saat itu,” kata Van Gaal mengenai tawaran KNVB sebagaimana dikutip Associated Press.

Piala Dunia 2022 pun dapat menjadi tengara akhir karier yang manis bagi pria berjuluk “Si Tulip Besi” tersebut. Terlebih lagi, Van Gaal punya urusan yang belum selesai dengan Piala Dunia usai Timnas Belanda asuhannya tersingkir di semifinal Brasil 2014.

Baca Juga: Klarifikasi Van Gaal soal Transfer Jurrien Timber ke Manchester United: Itu Adalah Saran

Pribadi Van Gaal dikenal keras dan tegas sejak memulai karier kepelatihan di Ajax Amsterdam pada 1990-an silam. Pelatih yang pernah menukangi Barcelona, AZ Alkmaar, hingga Bayern Muenchen ini memiliki reputasi sebagai pelatih berdisiplin tinggi dan memiliki pola manajemen yang intens.

Di turnamen yang kemungkinan besar jadi kesempatan terakhirnya melatih, Van Gaal mengaku tak berkeberatan dengan imej yang melekat kepadanya, mengakui ia sudah “marah” selama, misalnya, melatih Barcelona pada 1997-2003.

“Saya tidak pernah berubah. Sebagai manusia, saya tidak pernah berubah,” kata Van Gaal.

“Mungkin saya memperoleh sejumlah pengalaman. Terdapat kesimpulan bahwa ada beberapa hal yang bisa dibereskan dengan lain cara. Namun, pada akhirnya, saya tidak pernah berubah selama karier saya,” lanjutnya.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.