Kompas TV olahraga kompas sport

Pep Guardiola: Erling Haaland Bisa Melegenda, Seperti Sergio Aguero

Kompas.tv - 1 September 2022, 16:46 WIB
pep-guardiola-erling-haaland-bisa-melegenda-seperti-sergio-aguero
Pep Guardiola meminta publik jangan membandingkan sosok Erling Haaland dengan legenda Manchester City, Sergio Aguero. (Sumber: Twitter @ManCity)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

MANCHESTER, KOMPAS.TV - Erling Haaland mencetak dua kali hattrick di dua pertandingan awal Manchester City di Liga Inggris 2022/2023. Pesepakbola Norwegia ini mencatatkannya saat the Citizens menghadapi Cristal Palace dan Nottingham Forrest. 

Striker yang didatangkan dari Borrusia Dortmund ini memulai musim kompetisinya di Liga Inggris dengan jumlah gol yang fenomenal. Saat City tertinggal dua gol dari Palace, ia membuat tiga gol setelah satu gol Bernardo Silva. Itu menjadi hattrick perdana sang pemain berusia 22 tahun itu. 

Lebih hebatnya lagi saat menghadapi Nottingham Forrest maupun Palace, yakni ia mencetak gol-golnya itu kurang dari 45 menit pertandingan.

Dalam pertandingan pekan ke-5 Liga Inggris 2022-23 di Stadion Eithad Kamis 1 September 2022 itu, Man City menang 6-0. Sedangkan menghadapi Palace, ia mencetak kesemua tiga gol itu di atas menit 60. 

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola memuji Haaland sebagai striker luar biasa yang konsisten permainannya sebagaimana kala membela Dortmund. Guardiola tidak kaget dengan performa Haaland. 

"Apa yang telah Haaland lakukan di Jerman, telah dia lakukan di sini," kata Pep Guardiola dikutip dari BBC Sport, Kamis (1/9/2022). "Sentuhan bola pertama, gol pertama. Kami memiliki striker luar biasa dengan indra penciuman luar biasa untuk mencetak gol."

Baca Juga: Pep Guardiola: Selama Piala Dunia Haaland akan Libur Satu Bulan

Haaland menjadi pemain ketujuh sepajang sejarah Liga Inggris yang mencetak hattrick dalam dalam dua pekan beruntun. Pemain Tottenham Hotspurs Harry Kane merupakan pemain Inggris di Liga Inggris terakhir yang membukukan back-to-back hattrick. 

Dengan dua kali trigolnya itu, Haaland kini menempati top skor Liga Inggris 2022-23 dengan 9 gol dari 5 pertandingan. Sembilan gol dalam lima pertandingan ini juga lebih banyak dari capaian yang pernah dibuat Sergio Aguerro dan Mick Quinn (9 Gol). 

Pep Guardiola tidak ingin Haaland dibandingkan dengan pesepakbola Argentina yang pernah membela Man City, Sergio Aguero.

"Hal ini bukan tentang Erling atau Sergio, apa yang telah Sergio lakukan selama ini untuk Man City luar biasa. Angka-angka sudah berbicara dengan sendirinya," pungkas eks pelatih Barcelona. 

Baca Juga: Guardiola: Haaland Masih Punya 'Banyak Margin untuk Ditingkatkan' di Manchester City

Namun Haaland tetap saja dibandingkan dengan Sergio Aguero. Terlebih, Haaland sudah melampaui rekor Aguero, mencetak gol lebih banyak dalam 5 pekan perdana Inggris.

"Sergio Aguero adalah legenda. Tidak ada yang bisa menggeser posisinya di hati para penggemar Man City," cetus Guardiola melanjutkan.

"Namun, Erling memiliki kualitas untuk berada di sana."

Untuk menyamai legasi Aguero di Man City, Haaland memang masih perlu waktu. Aguero sudah membukukan total 260 gol dari 390 penampilan bersama Man City dan mempersembahkan total 5 gelar Liga Inggris. 



Sumber : BBC Sport

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.