Kompas TV nasional update corona

Presiden Jokowi: Produksi Vaksin Covid-19 akan Dimulai Januari 2021

Kompas.tv - 13 Juli 2020, 21:06 WIB
presiden-jokowi-produksi-vaksin-covid-19-akan-dimulai-januari-2021
Ilustrasi vaksin virus corona (Sumber: Fresh Daily)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah menargetkan Januari 2021 vaksin Virus Corona mulai diproduksi di Indonesia.

Pembuatan vaksin Virus Corona di tanah air ini merupakan kerja sama antara Bio Farma dengan Sinovac Biotech Ltd, perusahaan biofarmasi asal China serta perusahaan Biofarmasi lainnya.

Presiden Joko Widodo mengestimasi prodiksi vaksin Covid-19 akan dimulai antara Januari hingga April 2021.

Baca Juga: Mengenal Vaksin Merah Putih, Vaksin Corona Buatan Indonesia yang Sedang dalam Pengembangan

"Uji klinis kalau tidak salah sudah sampai uji ke-3, tapi perlu 6 bulan untuk uji terakhir, jadi kira-kira diproduksi Januari sampai April (2021)," ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/7/2020). Dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi menyatakan target produksi vaksin Covid-19 sebanyak 347 juta vaksin. Target produksi vaksin Covid-19 tersebut sudah di atas jumlah penduduk Indonesia yakni kurang lebih 269 juta jiwa. Nantinya, satu orang bisa diberikan vaksin lebih dari satu kali.

"Satu orang bisa tidak hanya sekali saja divaksin, karena orang yang sudah divaksin bisa mental lagi jadi harus divaksin lagi," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan pada 2021 akan diproduksi sebanyak 170 juta vaksin. Kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksi yakni tenaga medis dan penduduk rentan dan wilayah zona merah.

Baca Juga: Puncak Covid-19 Diprediksi Agustus, Presiden Jokowi Kembali Minta Menteri Kerja Keras

PT Bio Farma (Persero) pada Juli 2020 mulai melakukan uji klinis ketiga vaksin Covid-19 bekerjasama dengan Sinovac Biotech Ltd. Bio Farma diketahui sudah berpengalaman dengan vaksin polio.

Sinovac mengklaim vaksin Covid-19 ini aman dan mampu memicu respons kekebalan dan menunjukkan adanya potensi mempertahankan diri melawan infeksi virus corona baru. Vaksin buatan Sinovac diberi nama CoronaVac.

Tak hanya Bio Farma, perusahaan plat merah PT Kalbe Farma Tbk juga melakukan kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan, Genexine Inc untuk membuat vaksin Covid-19. Kerja sama antara Kalbe Farma dengan Genexine mulai memasuki tahap uji klinis.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x