Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP: Nama Menteri PUPR Basuki Muncul sebagai Kandidat Bakal Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 12:59 WIB
pdip-nama-menteri-pupr-basuki-muncul-sebagai-kandidat-bakal-cawapres-ganjar-di-pilpres-2024
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, sosok Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga diusulkan sebagai bakal cawapres dari Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

"Nama-nama yang disampaikan mbak Puan kemarin betul. Bahkan, muncul juga nama Pak Basuki Menteri PUPR," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023). 

Baca Juga: Berikut Profil 6 Bakal Cawapres Ganjar di Pilpres 2024 yang Dibocorkan Puan

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur yang masif selama hampir dua periode Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat nama Basuki diusulkan sebagai kandidat bakal cawapres. 

"Karena beliau, ada dari daerah-daerah Aceh mengalami kemajuan, Papua mengalami kemajuan, Sumatera, mengalami kemajuan karena pembangunan infrastruktur." 

"Kemudian NTT mengalami kemajuan. Kemudian Ada yang mengusulkan Pak Basuki, yang oleh Pak Jokowi dikatakan sebagai bapak infrastruktur," ujarnya. 

Hasto menambahkan, seluruh nama-nama bakal cawapres yang beredar di publik nantinya akan ditelaah dan dibahas secara matang oleh ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri bersama para ketua umum partai politik (parpol) lainnya. 

"Bahwa bakal capres dan bakal cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan sepenuhnya bukan untuk kepentingan partai semata, tapi sepenuhnya, jauh diatas segala-galanya adalah untuk kepentingan bangsa dan negara." 

"Sama dengan 2019 ketika diputuskan bapak Presiden Jokowi dan KH H Maruf Amin, untuk bangsa dan negara," katanya. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani telah membocorkan enam kandidat kuat yang masuk dalam bursa bakal cawapres yang akan disandingkan dengan Ganjar di pesta demokrasi nanti.


 

Menurut penuturan Puan, beberapa nama yang masuk di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Lalu ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Selanjutnya, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Baca Juga: Sekjen PDIP Pastikan Presiden Jokowi Dukung Ganjar di Pilpres 2024

"Pencawapresan nama kan banyak ada 10, kalau boleh saya sebut yang ada di media, pak Mahfud juga masuk namanya, pak Erick Thohir (Menteri BUMN), pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), pak Sandiaga Uno," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

"Kemudian ada pak AHY, pak Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar). Nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDIP," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.