Kompas TV nasional rumah pemilu

Berikut Profil 6 Bakal Cawapres Ganjar di Pilpres 2024 yang Dibocorkan Puan

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 08:40 WIB
berikut-profil-6-bakal-cawapres-ganjar-di-pilpres-2024-yang-dibocorkan-puan
Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam konsolidasi partai di Kantor DPD PDI Perjuangan Banten, Sabtu (27/5/2023). (Sumber: ANTARA/HO-PDIP)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sejumlah nama bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 sedang digodok oleh PDIP. Setidaknya, ada 10 nama yang masuk ke dalam radar partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. 

Namun, Ketua DPP PDIP Puan Maharani telah membocorkan enam kandidat kuat yang masuk dalam bursa bakal cawapres yang akan disandingkan dengan Ganjar di pesta demokrasi nanti.

Menurut penuturan Puan, beberapa nama yang masuk di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Baca Juga: Soal Sosok Cawapres, Ganjar Pranowo di Rakernas PDIP: Sabar, Masih Ada Partai Ingin Gabung Bersama

Lalu ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Selanjutnya, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

"Pencawapresan nama kan banyak ada 10, kalau boleh saya sebut yang ada di media, pak Mahfud juga masuk namanya, pak Erick Thohir (Menteri BUMN), pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), pak Sandiaga Uno," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

"Kemudian ada pak AHY, pak Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar). Nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDIP," ujarnya.

Berikut profil singkat 6 bakal cawapres Ganjar yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menko Polhukam Mahfud MD 

Pria kelahiran Sampang, Madura 13 Mei 1957 ini diamanahi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menko Polhukam sejak 23 Oktober 2019.

Saat ini ia juga dipercaya menjadi Pelaksana Tugas Menkominfo sejak Johnny G Plate ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Mengutip mkri.id, Mahfud MD juga pernah menjadi Hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Bahkan, pada tahun 2008 hingga tahun 2013, Mahfud MD pernah menjabat Ketua MK. 

2. Menparekraf Sandiaga Uno

Sandiaga Uno dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menparekraf pada 23 Desember 2020.

Karier politik pria kelahiran 28 Juni 1969 dimulai saat ia dilantik sebagai Wakil Gubenur DKI periode 2017-2022.

Selama menjadi wakil gubernur, ia gencar membuat program-program yang bertujuan menumbuhkan kewirausahaan pada warga Jakarta.

Namun, tak lama menjadi pendamping Anies Baswedan, Sandiaga memilih untuk mengundurkan diri dari jabatan tersebut pada 2018. 

Saat itu, ia memilih untuk menjadi cawapres dari Prabowo Subianto untuk maju di Pilpres 2019. 

3. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.