Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Jokowi Disebut Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Ketua DPP PDI-P: Itu kan Hanya Persepsi

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 07:38 WIB
soal-jokowi-disebut-dukung-prabowo-di-pilpres-2024-ketua-dpp-pdi-p-itu-kan-hanya-persepsi
Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang saat menghadiri panen raya di Kebumen, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Dokumentasi Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI-P Nusyirwan Soejono menyebut, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi tak memberi dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal capres di Pilpres 2024 mendatang. 

Menurut dia, Presiden Jokowi akan mendukung sepenuhnya pencalonan bakal capres PDI-P Ganjar Pranowo di pesta demokrasi nanti. 

"Dukungan kepada Pak Prabowo itu kan hanya persepsi. Ya (Jokowi membantah mendukung Prabowo). Itu sebetulnya otomatis menepis sendiri (kabar dukungan Jokowi untuk Prabowo)," kata Nusyirwan, Selasa (6/6/2023). 

Baca Juga: PDI-P: "Cawe-Cawe" Jokowi untuk Indonesia Bersama Ganjar

Ia mengatakan, Presiden Jokowi dalam pidatonya di Rakernas PDI-P jelas menyatakan kalau sosok Ganjar pantas menjadi penerusnya untuk memimpin Indonesia di 2024. 

"Momen yang ada dalam acara rakernas itu kan sudah memberikan penegasan atas keraguan atau persepsi yang mengatakan Pak Jokowi tidak mendukung (Ganjar) dan sebagainya. Hari ini sudah terjawab," kata Nusyirwan.


Selain itu, sudah sewajarnya dan seharusnya bahwa kalau Presiden Jokowi memberi dukungan penuh kepada Ganjar karena sesama kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Dia (Jokowi) tegas menyatakan bahwa Pak Ganjar itu berani dan punya nyali. Itu ditegaskan oleh Pak Jokowi," ujarnya, dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade meyakini bahwa dalam sejumlah kesempatan, Presiden RI Jokowi menunjukkan dukungannya kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024.

Dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (16/5), Andre menyatakan, salah satu bentuk dukungan yang sangat terlihat adalah pada hasil musyawarah rakyat (Musra) relawan Jokowi.

Baca Juga: Gerindra Ungkap Erick Thohir Masuk Radar Bakal Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024

“Saya rasa bukan tampak seolah-olah (mengendorse Prabowo) ya, tapi menurut saya sebenarnya mendukung Pak Prabowo,” kata Andre.

“Karena, terlihat dari hasil Musra relawan Pak Jokowi yang kemarin berlangsung hari Minggu, puncaknya di Senayan, itu kan datanya jelas bahwa mayoritas relawan pak Jokowi itu mendukung Pak Prabowo,” lanjutnya.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x