Kompas TV nasional hukum

KPK Sita Properti Bernilai Besar Milik Rafael Alun Trisambodo di Jawa Tengah

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 12:11 WIB
kpk-sita-properti-bernilai-besar-milik-rafael-alun-trisambodo-di-jawa-tengah
Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK kembali menyita aset milik mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur mengatakan aset yang disita penyidik KPK yakni berupa properti yang berada di Jawa Tengah.

“Yang terakhir itu, ini update ya, di salah satu provinsi istimewa di Jawa Tengah kita juga sudah menyita properti,” kata Asep saat dikonfirmasi di Jakarta pada Selasa (6/5/2023).

Baca Juga: Kembali Temukan Jejak Aset Rafael Alun, KPK Segera Lakukan Penyitaan

Namun demikian, Asep belum bersedia menjelaskan lebih lanjut soal lokasi dan nilai aset yang baru saja disita oleh penyidik KPK tersebut.

Asep Guntur hanya mengatakan bahwa nilai aset yang disita oleh KPK tersebut nilainya cukup besar.

"Ada propertinya, nilainya lumayan besar," ujar dia.

Lebih lanjut, Asep mengatakan penyidik KPK masih menelusuri aset-aset lainnya yang diduga adalah milik Rafael Akun Trisambodo namun terdaftar atas nama orang lain.

Ia pun mengajak masyarakat yang mengetahui aset milik Rafael Alun Trisambodo untuk melaporkannya kepada KPK.

Baca Juga: KPK Sebut Uang Suap Lelang Jabatan Pemkab Pemalang Mengalir ke Muktamar Parpol di Makassar

"Kalau rekan-rekan punya informasi tolong disampaikan ke kita, karena itu bisa di siapa saja. Tidak harus di saudara, keluarga, anaknya, adiknya, kakaknya, ibunya," ujarnya.

"Mungkin di kenalannya, atau mungkin di siapa kita tidak pernah tahu dipindahkan atas namanya, kan seperti itu."

Sebelumnya, penyidik KPK kembali menyita aset yang diduga milik Rafael Alun Trisambodo berupa satu unit motor gede (moge) Triumph 1200cc di Yogyakarta, serta satu unit Toyota Land Cruiser dan Toyota Camry di Kota Solo.


 

Penyidik KPK juga menyita tiga unit rumah milik Rafael, yakni satu unit rumah di Simprug, satu rumah indekos di Blok M dan kontrakan di Meruya.

Baca Juga: Ini Total Sementara Aset Rafael Alun yang Disita KPK, Terbaru Ada di Solo dan Yogyakarta

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan tim penyidik KPK akan terus melakukan penelusuran aset terkait perkara korupsi dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk tersangka Rafael Alun Trisambodo.

"KPK masih terus lakukan follow the money dan identifikasi aset terkait perkara ini untuk optimalisasi asset recovery dari hasil korupsi," ujar Ali Fikri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x