Kompas TV nasional politik

PSI dan Gerindra Dukung Kaesang Jadi Walkot Depok, Puskapol UI: untuk Runtuhkan PKS di Pileg 2024

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 06:10 WIB
psi-dan-gerindra-dukung-kaesang-jadi-walkot-depok-puskapol-ui-untuk-runtuhkan-pks-di-pileg-2024
Baliho yang dipasang PSI berisi dukungan untuk Kaesang Pangarep maju jadi Wali Kota Depok. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep menyatakan siap untuk maju dalam Pilkada serentak 2024.

Bahkan dirinya mengaku telah memberikan beberapa foto kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Salah satu foto yang diberikan Kaesang muncul dalam baliho dengan logo PSI. 

Baliho yang dipasang PSI Depok itu juga mencantumkan tulisan "PSI menang, Wali Kota Kaesang".

Belakangan, Partai Gerindra ikut memberikan dukungan kepada Kaesang jika ingin maju di Pilkada serentak 2024.

Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) Hurriyah menilai dukungan beberapa partai politik terhadap rencana pencalonan Kaesang di Pilkada serentak 2024 berorientasi pada kemenangan Pileg 2024.

Baca Juga: Didukung Jadi Wali Kota, Kaesang Pangarep: Saya Siap Maju di Pilkada!

Hurriyah menjelaskan, dalam konteks Kota Depok, banyak partai politik yang ingin meruntuhkan dominasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di daerah tersebut. 

Diketahui, selama empat periode, kader PKS memimpin Kota Depok. Kota Depok juga menjadi salah satu basis utama lumbung suara PKS.

Menurutnya, dengan kondisi PKS yang sangat jaya di Depok, maka partai politik akan mencari berbagai cara untuk memenangkan Pileg 2024 di Depok atau minimal mendapatkan tambahan kursi di DPRD Depok. 

"Salah satunya meminang (Kaesang), figur yang dianggap populer dan elektabilitas tinggi," ujar Hurriyah saat dihubungi di program Kompas Malam KOMPAS TV, Senin (5/6/2023).

Hurriyah menambahkan, jika melihat perolehan kursi DPRD Kota Depok, hanya empat partai yang mendominasi, yakni PKS, Gerindra, PDIP, dan Golkar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x