Kompas TV nasional rumah pemilu

LSI Sebut AHY Calon Terkuat Bacawapres Anies Baswedan, Ini Alasannya

Kompas.tv - 3 Juni 2023, 06:20 WIB
lsi-sebut-ahy-calon-terkuat-bacawapres-anies-baswedan-ini-alasannya
Anies Baswedan mengaku menerima ungkapan kekhawatiran tentang kriminalisasi hingga ketidaknetralan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu), Selasa (30/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai Agus Harimurti Yudoyono (AHY) menjadi calon terkuat bacawapres untuk Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Pertemuan Anies dan Koalisi Perubahan dengan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) di Pacitan memperkuat asumsi itu.

“Kalau ditanya pertemuan kemarin jadi sinyal AHY calon terkuat, belum tentu juga, tetapi AHY diperkuat persepsinya oleh publik sebagai bacawapres, pertemuan ini pasti bagian dari konsolidasi dan penguatan strategi pemenangan,” ujarnya, Jumat (2/6/2023).

Menurut Djayadi, ada tiga alasan kuat yang mendukung AHY sebagai calon terkuat bacawapres Anies. Pertama, AHY memiliki elektabilitas individu yang lebih tinggi dan masuk lima besar unggulan cawapres jika dibandingkan dengan dua nama lain yang muncul sebagai calon bacawapres untuk Anies, yakni Aher dan Khofifah.

Baca Juga: Usai Bertemu SBY di Pacitan, Anies Baswedan Temui Surya Paloh, Apa yang Dibahas?

Kedua, AHY memiliki partai sehingga sikap AHY menetukan Anies Baswedan jadi mencalonkan diri atau tidak. Ketiga, perolehan suara Anies lemah di Jawa Tengah dan Timur, sementara AHY memiliki basis politik di Pacitan Jawa Timur yang bisa memengaruhi perolehan suara Anies.

Ia tidak menampik jika Anies berpasangan dengan AHY kesempatan menang cukup kompetitif karena jarak elektabilitas dengan Ganjar dan Prabowo tidak terlalu jauh, tidak sampai 10 persen.

“Masih banyak hitung-hitungan yang dilakukan demokrat bersama koalisinya untuk mencapai kemenangan itu, siapa yang dipilih, harus mempertahankan tingkat kompetitif itu, AHY punya itu,” ucapnya.

Ia juga meyakini Anies Baswedan tidak dengan cepat mengumumkan nama bacawapresnya karena menunggu bacawapres lain mengumumkan pasangannya calon lebih dulu.

Baca Juga: Senyum Anies Saat Ditanya Soal Mahfud Harap Jangan Sampai Dijegal Koalisi Sendiri

“Ini permainan menunggu, permainan itu akan berakhir jika harus berakhir, yang bisa memaksa cuma waktu,” tuturnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x