Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi saat Peresmian Jembatan di Bantul DIY: Jalur Jalan Lintas Selatan Rampung Tahun Ini

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 11:31 WIB
jokowi-saat-peresmian-jembatan-di-bantul-diy-jalur-jalan-lintas-selatan-rampung-tahun-ini
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) saat memberikan keterangan pers usai meresmikan Jembatan Kretek II, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (2/6/2023) . (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JLLS) Jawa yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur akan selesai pada 2023.

Hal ini disampaikan usai meresmikan Jembatan Kretek II, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta, Jumat (2/6/2023) .

"Ini jalan lintas selatan, ini dari ujung Banten nanti sampai ujung di Banyuwangi Jawa Timur segera selesai tahun ini," kata Jokowi. 

Menurut penjelasannya, saat ini, di daerah pembangunan JJLS ini, tersisa 14 kilometer jalan di DI Yogyakarta dan 24 kilometer jalan di Jawa Timur yang belum tersambung.

"Kalau sambung tadi kekurangan di Provinsi Yogyakarta 14 kilometer (km), kemudian di Jawa Timur 24 km selesai sambung semuanya, dan keadaan jalannya seperti ini (jembatan Kretek II)," jelasnya.

Kepala Negara ini pun berharap nantinya usai selesai dibangun, konektivitas di jalur jalan lintasan selatan ini mampu menunjang mobilitas logistik.

"Kita harapan, kecepatan jalur logistik mobilitas orang, barang semuanya bisa lancar karena kita telah memiliki jalur lintas selatan," tegasnya.

"Jadi harapan kita daya saing produk-produk yang diproduksi di Jawa bagian selatan ini bisa masuk ke pasar dengan kompetitifnes yang jauh lebih baik goals-nya kesana."

Adupun menurut penjelasannya, total panjang JJLS yang yang dikerjakan sepanjang 1.320 kilometer. 

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul Hari Ini, Jalur Jalan Lintas Selatan Baru yang Tahan Gempa

Jokowi Resmikan Jembatan Kretek II Bantul

Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Kretek II, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (2/6) pagi.

Jembatan ini merupakan bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), yang menghubungkan antara Pantai Parangtritis dengan Samas. Kretek II juga melewati Sungai Opak, di Kapanewon Kretek, Bantul.


"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim jembatan kretek II di Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta saya resmikan," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com.

Jokowi menuturkan pembangunan jembatan ini menghabiskan biaya sebesar Rp364 miliar.

Adapun panjang Jembatan Kretek II ini kurang lebih 600 meter, namun total penanganan dari Kementerian PUPR sepanjang 2,6 kilometer.

Jembatan yang dibangun sejak 2021 ini sudah diujicobakan fungsional mulai 31 Januari 2023.

Setelah meresmikan Jembatan Kretek 2 Jokowi tampak membagikan sembako kepada masyarakat sekitar yang turut menyaksikan peresmian.

Baca Juga: Jokowi Ditemani Kaesang dan Erina Jajal Bakmi Legendaris Pak Pele di Yogyakarta, Pemilik Kaget

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x