Kompas TV nasional politik

Pengakuan Sandiaga Uno Sudah Tak Satu Visi dengan Anies Baswedan: Saya Usung Percepatan Pembangunan

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 08:09 WIB
pengakuan-sandiaga-uno-sudah-tak-satu-visi-dengan-anies-baswedan-saya-usung-percepatan-pembangunan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbicara kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengaku sudah tidak satu visi dengan bakal calon presiden atau bacapres Anies Baswedan yang kini membawa semangat perubahan. Sebelumnya Anies dan Sandi pernah bersama-sama memimpin DKI Jakarta.

Sebaliknya, Sandi mengatakan bahwa dirinya mendukung percepatan pembangunan sebagaimana yang dijalankan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Saya ingin menyampaikan bahwa yang saya usung itu adalah percepatan pembangunan, bukan perubahan," kata Sandiaga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Soal Bakal Gabung PPP, Sandiaga Uno: Iya Besar Kemungkinannya, Tidak Terlalu Lama Lagi

Adapun Sandiaga Uno menyampaikan demikian merespons pertanyaan soal potensi dirinya bersanding dengan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 apabila bergabung ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sandi mengatakan, tak ada pembahasan mengenai peluang menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies dalam pertemuannya dengan PKS beberapa waktu lalu.

"Tidak ada pembahasan sampai di titik itu, karena itu domainnya pimpinan partai politik," ujar dia.

Menurut mantan politikus Gerindra itu, Indonesia bakal kehilangan momentum bonus demografi untuk memajukan bangsa apabila mengubah arah pembangunan yang sudah dijalankan.

Sebab, kata dia, Indonesia hanya memiliki waktu 15 tahun untuk meningkatkan capaian pembangunan dan ekonomi guna menjadi negara maju tersebut.

Baca Juga: Kandidat Cawapres Anies Baswedan Versi PKS Mengerucut ke 3 Nama, Sandiaga Uno Tidak Masuk Daftar

"Kalau kita ubah lagi arah pembangunan kita, kita nanti akan hilang waktu dan bonus demografi ini akan terkikis, sehingga tidak ada potensi, tidak tercapai target Indonesia maju di tahun 2045," ucap Sandiaga.

Seperti diketahui, Sandiaga Uno menyatakan tetap ingin bekerja sama dengan PKS meskipun saat ini hubungannya kian dekat dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).


Ia pun disebut masuk sebagai kandidat cawapres untuk Ganjar Pranowo yang diusung menjadi capres oleh PDIP dan PPP.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengungkapkan dalam waktu satu sampai dua hari ke depan ketua umum partai politik (parpol) KPP bakal bertemu.

Pertemuan itu bakal dilakukan untuk mengambil keputusan terkait penentuan bakal cawapres Anies Baswedan.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dikabarkan akan Bertemu Pimpinan PKS Besok, Bahas Apa?

“Keluar (nama cawapres), akan ada keputusan,” kata Sugeng. 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.