Kompas TV nasional rumah pemilu

Muncul Baliho Jokowi dan Prabowo 'Menang Bersama', Strategi Tunjukkan Kedekatan?

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 06:50 WIB
muncul-baliho-jokowi-dan-prabowo-menang-bersama-strategi-tunjukkan-kedekatan
Sebuah baliho besar dengan foto Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) terpasang di ruas jalan Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif The Political Literacy Gun Gun Heryanto mencoba membaca maksud dari baliho berisi foto Menteri Pertahanan Prabowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tulisan 'Menang Bersama untuk Indonesia Raya' di Jakarta. 

Gun Gun menilai baliho tersebut mencoba untuk menunjukkan kedekatan antara Prabowo dan Jokowi. 

"Pengaruhnya itu mencoba untuk mengonstruksi pesan simbolik bahwa Pak Prabowo dekat dengan Jokowi dan juga tidak ada hambatan psikologis antara Prabowo dan Jokowi," kata Gun Gun dalam Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (31/5/2023). 

Tak hanya itu, ia juga beranggapan baliho tersebut upaya memengaruhi basis pemilih yang punya preferensi pilihan lama kepada Jokowi untuk bergeser ke Prabowo.

"Pak Prabowo atau tim, relawan atau siapa pun yang punya perhatian dengan memunculkan baliho semacam ini, untuk menggerakan shifting-nya pemilih Jokowi ke Prabowo," ujarnya. 

"Artinya memang ada kelompok yang berkeinginan naiknya Pak Prabowo lewat kekuatan rujukan Jokowi, supaya terbaca bahwa bandul Jokowi ke Prabowo."

Kendati demikian, Gun Gun mengingatkan penggunaan baliho seperti itu jika dilakukan tidak hati-hati atau secara masif, tidak akan memunculkan kesan positif, melainkan stigma Presiden yang terlalu masuk ke dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tetapi hal ini jika tidak hati-hati, bukan kesan postifi yang muncul, tetapi menjadi paradoks untuk membangun citra positif," tegasnya. 

"Kalau tidak dikelola dengan baik, ini bisa memunculkan stigma bahwa presiden terlalu memasuk ke dalam kontestasi Pilpres 2024, dengan memberi dukungan kepada 1 kandidat saja."

Baca Juga: Soal Baliho Kaesang Wali Kota Terpajang di Depok, PKS: Tidak Realistis Kaesang Maju di Depok!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x