Kompas TV nasional humaniora

Konferensi Internasional Agama Hasilkan Deklarasi Jakarta, Ini Tiga Poin Utama Isinya

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 19:46 WIB
konferensi-internasional-agama-hasilkan-deklarasi-jakarta-ini-tiga-poin-utama-isinya
Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim (tengah) membacakan Deklarasi Jakarta, Selasa (23/5/2023) (Sumber: Dok. MUI)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konferensi Internasional Agama, Perdamaian, dan Peradaban yang diinisiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghasilkan Deklarasi Jakarta yang berisi tiga poin utama komitmen pemimpin agama untuk menjadikan agama sebagai sumber perdamaian.

Hal ini disampaikan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim yang mengatakan bahwa Deklarasi Jakarta tersebut dibuat untuk merespons perkembangan krisis multidimensional.

“Dibutuhkan pemikiran mendalam dan langkah konkret untuk memperkuat peran transformatif agama dalam menciptakan perdamaian dan membangun peradaban dunia yang luhur," ujar Sudarnoto di Jakarta, Selasa (23/5/2023), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Konser Coldplay Ditolak, Sandiaga Jalin Komunikasi dengan MUI untuk Dengar Pendapat Ulama

Sudarnoto mengatakan, Deklarasi Jakarta merupakan hasil pemikiran dari para tokoh agama selama konferensi internasional agama digelar pada Minggu (21/5/2023) - Selasa (23/5/2023).

Adapun, tiga poin utama dalam Deklarasi Jakarta, di antaranya:

  1. Agama adalah sumber ajaran transformasional sebagai pedoman bagi penganutnya untuk hidup damai, harmoni, dan menjadi inspirasi dalam membangun peradaban. Karena mengajarkan nilai-nilai universal seperti hak dan kewajiban asasi manusia, toleransi, kesetaraan, dan persaudaraan kemanusiaan.

  2. Perbedaan adalah keniscayaan. Pemerintah dan kekuatan civil society harus berupaya menjaga, menghormati, dan melindunginya, serta mendorong menjadi kekuatan bersama dalam membangun kemajuan peradaban. Untuk itu, kerukunan antar-umat beragama harus terus dilakukan.

  3. Diperlukan langkah konkret secara bersama memperkokoh aliansi global dalam ikut serta menyelesaikan berbagai konflik melalui dialog agar dapat menciptakan keamanan, perdamaian, dan dapat bersama-sama membangun peradaban

Baca Juga: Jokowi-Presiden Iran Sepakat Dukung Kemerdekaan Palestina dan Atasi Krisis Kemanusiaan di Afganistan

"Sehubungan dengan itu, para peserta Konferensi Internasional tentang Agama, Perdamaian, dan Peradaban berketetapan untuk terus saling memperkuat semangat kerja sama guna mewujudkan butir-butir deklarasi tersebut di atas," tutup Sudarnoto.


 

 

 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x