Kompas TV nasional peristiwa

Komandan Korps Marinir Dijabat Jenderal TNI Bintang 3, KSAL: Tinggal Tunggu Persetujuan Jokowi

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 11:05 WIB
komandan-korps-marinir-dijabat-jenderal-tni-bintang-3-ksal-tinggal-tunggu-persetujuan-jokowi
Ilustrasi. Prajurit Marinir melakukan defile saat Upacara Sertijab Komandan Korps Marinir (Dankormar) di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018). (Sumber: Antara Foto/Sigit Kurniawan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengusulkan Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI Angkatan Laut dijabat oleh perwira tinggi bintang tiga.

Muhammad Ali mengatakan usulan itu saat ini tengah menunggu persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga: Deretan Kejahatan KKB Egianus Kogoya: Bantai Belasan Pekerja, Bunuh Marinir, hingga Sandera Pilot

Mengingat, perubahan struktur dalam organisasi (validasi organisasi) TNI membutuhkan keputusan presiden (keppres) sebagai dasar hukumnya.

“Untuk Korps Marinir memang sudah direncanakan untuk dinaikkan jabatannya bintang tiga,” kata KSAL selepas upacara serah terima jabatan Dankormar di Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Ali mengatakan tahapan usulan Dankormar TNI AL dijabat perwira tinggi bintang tiga prosesnya sudah melewati uji naskah di Mabes TNI hingga Kementerian Pertahanan. 

“Proses ini sudah uji naskah di mabes angkatan, kemudian di Mabes TNI sudah lolos, dan di Kemhan (Kementerian Pertahanan) pun sudah lolos, sekarang maju ke Presiden,” ujarnya.

Seiring dengan berjalannya proses itu, Ali menyampaikan dia akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) untuk membahas beberapa penyesuaian terkait perubahan itu.

Baca Juga: Cerita Prabowo Haru dan Bangga Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir: Saya Kembali Menggelora

“Dan tentunya, nanti saya akan koordinasi juga dengan Kemenpan RB. Mudah-mudahan dalam waktu dekat. Mohon doanya,” ucap Laksamana Ali.

Wacana untuk menempatkan jenderal bintang tiga sebagai pimpinan Korps Marinir telah bergulir setidaknya sejak 2021 saat TNI AL dipimpin oleh Laksamana TNI Yudo Margono, dan TNI dipimpin oleh Panglima TNI Andika Perkasa.


 

Saat masih menjabat sebagai KSAL, Yudo Margono pada November 2022 menyampaikan Komandan Korps Marinir pantas dijabat oleh jenderal bintang tiga karena menyesuaikan besaran pasukan, alutsista, dan tugas yang diemban oleh pasukan Korps Marinir.

"Layak dengan organisasi yang ada. Dengan jumlah prajurit yang ada, dengan alutsista yang ada, dengan tugas yang diemban oleh Korps Marinir," kata Yudo saat masih menjabat sebagai Kasal tahun lalu.

Komandan Korps Marinir, yang pada Minggu resmi dijabat oleh Mayjen TNI Mar Nur Alamsyah, membawahi tiga pasukan Marinir, yaitu Pasukan Marinir 1 di Jakarta, Pasukan Marinir 2 di Surabaya, dan Pasukan Marinir 3 di Sorong.

Baca Juga: Ketika Prabowo Berdiri di Atas Tank, Disematkan Baret Ungu Jadi Warga Kehormatan Marinir TNI AL

Mayjen TNI Mar Nur Alamsyah menggantikan Mayjen TNI Mar Widodo Dwi Purwanto yang menjadi perwira tinggi Markas Besar TNI Angkatan Laut dalam rangka menjelang pensiun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x