Kompas TV nasional hukum

Susi Pudjiastuti Minta KKB Bebaskan Pilot Susi Air yang Disandera tanpa Syarat

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 06:40 WIB
susi-pudjiastuti-minta-kkb-bebaskan-pilot-susi-air-yang-disandera-tanpa-syarat
Pemilik maskapai Susi Air Susi Pudjiastuti dalam wawancara eksklusif di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (11/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemilik maskapai Susi Air Susi Pudjiastuti mendesak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membebaskan pilot Susi Air Philips Mehrtens yang saat ini masih disandera. 

Susi menyatakan Philips tidak memiliki kaitan dengan permasalahan yang terjadi di Papua. Bahkan Philips melalui Susi Air ikut membantu masyarakat dan pembangunan di Papua. 

"Mereka harus kembalikan Phil dengan sehat tanpa syarat. Itu adalah jalan negosiasi yang benar," ujar Susi dalam wawancara eksklusif di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (11/5/2023).

Susi juga mengecam pihak-pihak yang menyebarkan informasi bahwa Phil bagian dari KKB dan penyanderaan hanya sebatas sandiwara.

Baca Juga: Sempat Ajukan Negosiasi KKB Malah Serang Prajurit TNI, Susi: Itu Tindakan Tidak Manusiawi

Penilaian tersebut setelah foto Phil bersama KKB beredar di media sosial.

Menurut Susi korban penyanderaan pastinya akan melakukan apa pun yang diperintah untuk keselamatan dirinya. Begitu juga dengan Phil. 

Di sisi lain, pihak KKB menilai Phil adalah bagian dari TNI sehingga menjadi korban penyanderaan. 

"Saya cuma mohon demi keberlanjutan kehidupan di Papua, kecukupan logistik untuk masyarakat Papua, demi kebaikan semua, bebaskan Phil tanpa syarat. Dan mereka duduk berunding atau apa dengan pemerintah. Kita bukan bagian dari itu, dia yang harus bicara," ujar Susi. 

Baca Juga: Lewat Telepon, Susi Ungkap Kemarahan Pilot Philips yang Masih Disandera KKB Papua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.