Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus PDIP Apresiasi PPP yang Konkret Dukung Ganjar, Bagaimana dengan PSI?

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 07:00 WIB
politikus-pdip-apresiasi-ppp-yang-konkret-dukung-ganjar-bagaimana-dengan-psi
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengatakan rencana penghapusan daya listrik 450 volt ampere (VA) tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. (Sumber: Dok. BPIP)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertemuan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dinilai sebagai sikap politik yang konkret.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menjelaskan setelah menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo, PPP segera melakukan pertemuan dengan PDIP. Hal tersebut menunjukkan sikap politik PPP konkret, tidak banyak basa basi.

Menurut Said sikap politik konkret PPP dan tidak basa basi mendukung Ganjar Pranowo tidak terlepas dari kepercayaan PPP kepada PDIP dalam sejarah panjang kerja sama di kedua partai.

Semisal kerja sama PPP dengan PDIP di Jawa Tengah. Hampir lima tahun Ganjar Pranowo bersama Gus Taj Yasin, putra almarhum KH Maemun Zuber, ulama paling berpengaruh di PPP kompak dan harmonis dalam memajukan Jawa Tengah.

Baca Juga: Ajak PAN dan Golkar Dukung Ganjar, PPP: Jika Terjadi, Maka Jadi KIB Plus

Belum lagi dukungan PPP di pemerintahan Joko Widodo di periode pertama hingga saat ini, serta sejarah Ketua Umum PPP Hamzah Haz, pernah menjadi Wakil Presiden saat Presiden ke-4 RI Megawati Soekarnoputeri memimpin pemerintahan.

"Sejarah membuktikan hubungan PDIP dan PPP tidak pernah ada jurang pemisah. Tentu kami sangat hormat setinggi-tingginya atas kepercayaan ini," ujar Said dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/4/2023).

Said menambahkan dalam tahapan selanjutnya PDIP dan PPP akan bersama-sama mengerucutkan visi besar ke depan. Termasuk berkerja sama memilih sosok yang pas sebagai cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Menurut Said selain PPP, PDIP juga akan membuka kerja sama dengan Partai Hanura yang juga telah menyatakan dukungan kepada bakal Capres PDIP, Ganjar Pranowo. 

Baca Juga: PPP dan PDIP Resmi Jalin Kerja Sama, Mardiono: Setelah Ini akan Ada Pembahasan Cawapres Ganjar

"Sebelumnya PSI (Partai Solidaritas Indonesia) juga menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo meskipun sampai saat ini tidak ada komunikasi dengan kami," ujar Said. 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.