Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Kemacetan, Kakorlantas Pertimbangkan Penerapan Ganjil-Genap di Tol Kalikangkung-Cikatama

Kompas.tv - 24 April 2023, 17:04 WIB
antisipasi-kemacetan-kakorlantas-pertimbangkan-penerapan-ganjil-genap-di-tol-kalikangkung-cikatama
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat dari arah Jakarta mengantre untuk dapat memasuki Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/4/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mengantisipasi kemacetan, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mempertimbangkan penerapan aturan ganjil-genap di jalur Tol Kalikangkung ke Cikampek Utama (Cikatama), Senin (24/4/2023).

"Jadi kalau hari ini genap, masyarakat yang akan melakukan perjalanan, coba dilihat mobilnya. Kalau nomornya genap, insyaallah tidak terkena kebijakan ini," kata Irjen Firman saat membuka aturan satu arah (one way) di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Senin (24/4).

"Jadi ganjil-genap ini hanya akan berlaku di jalan tol, yang ganjil akan kami tahan di pintu tol dan kami arahkan ke jalan arteri," imbuhnya.

Ia menerangkan, aturan ganjil-genap mungkin diterapkan apabila terjadi kepadatan di GT Kalikangkung pada puncak arus balik Lebaran 2023 pada tanggal 24 dan 25 April 2023.

Selain itu, ia juga akan mengarahkan kendaraan-kendaraan yang tertahan di GT Kalikangkung keluar jalur tol menuju jalur arteri untuk mengurai kepadatan di kawasan jalan bebas hambatan itu.

Baca Juga: Jelang Penerapan One Way, Gerbang Tol Kalikangkung Diatur, Kendaraan dari Barat Tak Bisa Melintas

Ia menyarankan agar pemudik yang akan kembali ke Jakarta dari daerah Jawa Tengah untuk melewati jalur arteri, terutama pada malam hari.

"Saran kami, pemudik memilih jalur arteri pada malam hari, karena sudah agak sepi," jelasnya.

Ia menjelaskan, pada malam hari, masyarakat lokal sudah beristirahat, sehingga kondisi jalan arteri akan lengang.

"Kami mohon kerja samanya, pengertiannya, kami juga ucapkan terima kasih saat mudik kemarin aturan ini dapat kita laksanakan dengan baik," ujarnya.

"Sekarang tugas kami melayani masyarakat untuk balik dengan selamat sampai tujuan," lanjut dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x