Kompas TV nasional peristiwa

Gema Takbir di Jakarta, Bali, dan Riau Berkumandang Sambut Idulfitri 1444 Hijriah

Kompas.tv - 21 April 2023, 23:40 WIB
gema-takbir-di-jakarta-bali-dan-riau-berkumandang-sambut-idulfitri-1444-hijriah
Tradisi menabuh bedug saat malam takbiran jelang Idulfitri 1444 Hijriah di Tambak, Jakarta, Jumat (21/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gema takbir jelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 ramai terdengar di berbagai penjuru Indonesia, termasuk Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau, Jumat (21/4/2023).

Takbiran di Jakarta

Di Jakarta, malam takbiran ramai dirayakan umat Islam dengan menabuh bedug dan menyalakan kembang api.

Warga Tambak, Jakarta bahkan secara khusus membuat tenda dan panggung yang digunakan untuk menabuh bedug.

"Memang setiap malam takbiran, setiap tahunnya, kami buat acara seperti ini untuk memperingati hari Lebaran," kata Rohim, salah satu warga Tambak, Jakarta, Jumat (21/4/2023).

"Ini memang sudah tradisi warga Tambak setiap malam takbiran, bedug ini pun didanai oleh swadaya masyarakat," imbuhnya.

Selain menabuh bedug, warga Tambak yang antusias merayakan malam takbiran juga beramai-ramai menyalakan kembang api di ruas jalan raya. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Tambak menuju Manggarai pun tersendat.

Baca Juga: Sunah Nabi untuk Idulfitri, Ini Bacaan Takbiran Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Menparekraf Sandiaga Uno menabuh bedug di Masjid Istiqlal, Jakarta dalam acara Takbir Akbar Nasional, Jumat (21/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Di sisi lain, Masjid Istiqlal juga menggelar acara Takbir Akbar Nasional. Lantunan takbir menggema di seluruh penjuru masjid. 

Sejumlah pejabat, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, tampak menabuh bedug di Masjid Istiqlal.

Takbiran di Bali

Di Badung Bali, warga menggelar takbir keliling. Warga bersyukur, perayaan Idulfitri kali ini bisa dirayakan tanpa batasan seperti tahun-tahun sebelumnya saat pandemi Covid-19 masih mengganas.

Di sisi lain, musik dari gamelan baleganjur khas Bali turut meramaikan malam takbiran di Masjid Al-Muhajirin Kampung Islam Kepaon, Desa Pemogan, Denpasar, dalam rangka menyambut Idulfitri 1444 Hijriah.

Seka Taruna Jaba Tengah sedang memainkan gamelan baleganjur dalam memeriahkan malam takbiran di Kampung Islam Kepaon, Denpasar, Jumat (21/4/2023). (Sumber: Kompas TV/Ant)

Ketua Seka Taruna Banjar Jaba Tengah Agus Arya mengatakan akulturasi budaya ini selalu terjalin setiap hari raya baik bagi umat Islam maupun Hindu, dan tahun ini timnya telah menyiapkan baleganjur kreasi untuk memeriahkan malam takbiran.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x