Kompas TV nasional humaniora

Beredar Daftar Formasi Rekrutmen CPNS 2023 dan Jadwal Pendaftaran Mulai 5 Juni, Ini Kata BKN

Kompas.tv - 2 April 2023, 08:24 WIB
beredar-daftar-formasi-rekrutmen-cpns-2023-dan-jadwal-pendaftaran-mulai-5-juni-ini-kata-bkn
Ilustrasi rekrutmen CPNS (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini beredar di sosial media terkait formasi rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023 dan jadwal pendaftarannya.

Informasi yang diunggah oleh akun TikTok ini, Selasa (21/3/2023) itu viral dan mendapat ribuan respon dari netizen.

Dalam video itu dinarasikan kebutuhan total calon aparatur sipil negara (CASN) 2023 adalah sebanyak 1.030.501 formasi, yang terdiri dari:

  • Pusat: 80.869 formasi yang terbagi menjadi 24.419 CPNS (bidang kehakiman, kejaksaan, dan intelijen) serta 56.450 sekolah kedinasan.
  • Daerah: 943.373 formasi yang terdiri dari 580.202 PPPK guru, 327.542 PPPK tenaga kesehatan, dan 35.629 PPPK tenaga teknis.

Pengunggah video tersebut juga menuliskan bahwa tahun ini rekrutmen CPNS hanya untuk formasi pusat dan sekolah kedinasan. Sementara formasi di daerah, disebut tidak ada penerimaan CPNS.

"Siap-siap berebut di formasi pusat, khususnya jurusan hukum, sosial, ekonomi, akuntansi, IT, untuk mengisi formasi kehakiman, intelijen, dan kejaksaan," tulis pengunggah.

Baca Juga: Kabar Gembira! Pemerintah Siapkan 1 Juta Formasi CPNS dan PPPK untuk Tenaga Honorer

Selain itu, muncul juga narasi yang mengatakan rekrutmen CPNS akan dimulai pada 5 Juni 2023. Hal itu seperti yang diunggah akun @lowongan_kerj4_terbaru.

Bahkan, sempat juga juga beredar di media sosial mengenai seleksi CPNS 2023 akan dibuka pada 30 Juni 2023.

Tanggapan BKN

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iswinarto Setiaji, mengatakan belum ada penetapan jumlah formasi yang dibutuhkan untuk seleksi CPNS maupun CASN 2023.

"Terkait rekrutmen CPNS sampai dengan saat ini pemerintah melalui Panselnas belum menerbitkan kebijakan," kata Iswinarto, Sabtu (1/4/2023) dilansir dari Kompas.com.

Ia menjelaskan, bulan ini tepatnya pada April 2023, pemerintah memang tengah membuka seleksi CPNS 2023. Namun, melalui jalur sekolah kedinasan.


 

"Sedangkan jadwalnya, mengacu pada yang kami infokan sebelumnya," tambahnya.

Iswinarto juga membantah kabar bahwa tahun ini CPNS hanya dibuka untuk formasi pusat dan sekolah kedinasan, sementara daerah tidak.

Baca Juga: Mulai Dibuka Hari Ini, Berikut Jadwal dan Syarat Pendaftaran SPMB PKN STAN

"Kalau ini (pembukaan CPNS formasi daerah) belum ada keputusannya. Kami belum bisa menjawab hal tersebut. Kebijakannya di Menteri PANRB," ungkap Iswinarto.

Terkait jadwal rekrutmen CPNS yang disebut akan dibuka 5 Juni, Iswinarto tidak membenarkan hal tersebut.

"Kalau yang untuk penerimaan CPNS tahun 2023 dari jalur umum, sampai dengan hari ini Sabtu (1/4/2023) BKN belum mengeluarkan secara resmi jadwalnya," ungkapnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.