Kompas TV nasional hukum

Sudah 8 Tahun Kasus Kematian Akseyna Mahasiswa UI yang Tenggelam di Danau Kenanga Masih Misteri

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 06:30 WIB
sudah-8-tahun-kasus-kematian-akseyna-mahasiswa-ui-yang-tenggelam-di-danau-kenanga-masih-misteri
Akseyna Ahad Dori alias Ace, mahasiswa Universitas Indonesia yang ditemukan meninggal dunia di Danau Kenanga, Kampus UI Depok, 26 Maret 2015, akibat pembunuhan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kematian Akseyna Ahad Dory (19), mahasiswa Universitas Indonesia yang ditemukan tewas di Danau Kenanga UI masih misteri. 

Sudah delapan tahun kasus kematian misterius Akseyna belum juga terungkap, namun keluarga tidak menyerah untuk mencari keadilan.

Mahasiswa UI jurusan Biologi Fakultas Matematika dan IPA itu ditemukan meninggal dunia di Danau Kenanga, UI Depok, Jawa Barat, 26 Maret 2015. 

Saat pertama kali ditemukan, Akseyna diduga bunuh diri. Namun, belakangan polisi menyebut bahwa Akseyna merupakan korban pembunuhan.

Baca Juga: Momen Keluarga Hasya Mahasiswa UI Terima Surat Pencabutan Status Tersangka

Ayah Akseyna, Marsekal Pertama TNI (Purn) Mardoto menyatakan keluarga tidak akan menyerah dan tetap berusaha untuk menyikap tabir kematian putranya. 

Menurut Mardoto pihaknya masih mendapat informasi dari netizen terkait kematian misterius Akseyna.

"Keluarga tidak pernah menyerah, tetap kumpulkan info dari netizen. Masih ada yang memberikan. Saya tetap berusaha sebisa mungkin dan seterusnya sampai (misteri kematian Akseyna) terbuka," ujar Mardoto, Selasa (28/3/2023). Dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut Mardoto meminta kepolisian tidak setengah hati dalam melakukan penyelidikan kematian putranya.

Baca Juga: Janggalnya Pembunuhan Mahasiswa UI, Akseyna | Podcast Aiman Wijaksono #8

Sebab selama delapan tahun ini perkembangan penyelidikan kasus kematian misterius Akseyna hanya jalan di tempat.

Kepolisian kesulitan mengungkap kasus tersebut lantaran kondisi tempat kematian korban sudah rusak akibat dimasuki orang yang tidak berkepentingan.

"(Progress kasusnya) memang masih jalan di tempat, masih me-report penyelidikan, tapi sudah menjadi atensi. Sudah bagus, sudah penyelidikan," ujar Mardoto.

Pembunuhan Akseyna 

Hingga kini pelaku pembunuhan Akseyna belum juga terungkap. Orang yang pertama kali menemukan jasad Akseyna adalah seorang mahasiswa UI bernama Roni pada Kamis (26/3/2015) sekitar Pukul 09.00 WIB.

Jenazah Akseyna mengambang di Danau Kenanga dan mengenakan ransel berisi batu-batu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x