Kompas TV nasional humaniora

Ingin Mudik Gratis Pakai Kereta dan Bawa Motor? Kemenhub dan KAI Buka Program Motis

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 21:29 WIB
ingin-mudik-gratis-pakai-kereta-dan-bawa-motor-kemenhub-dan-kai-buka-program-motis
Ilustrasi mudik dengan kereta api. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Program ini memungkinkan masyarakat ikut mudik gratis dan motornya diangkut menggunakan kereta api.

Program motis diadakan untuk menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat musim mudik Lebaran 2023. Dengan demikian, tingkat keselamatan berkendara meningkat.

Baca Juga: Syarat dan Link Pendaftaran Mudik Gratis Kereta untuk Warga Jawa Tengah di Jabodetabek

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan dalam program ini, KAI berperan sebagai BUMN operator perkeretaapian yang mendukung penuh melalui pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motor.

“Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2023 ini,” jelas Didiek, seperti dilansir laman resmi kai.id, Senin (27/3/2023).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan DJKA Kemenhub menyediakan 10.440 slot motor gratis dan 46.720 tempat duduk penumpang.

Melalui Motis, dia berharap masyarakat dapat menjalankan mudik dengan aman, nyaman, dan selamat.

“Melihat data-data periode Lebaran sebelumnya, tingkat kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik cukup tinggi, sehingga dengan adanya program motis ini, laka lantas roda dua dapat diminimalisir,” kata Djarot.

Baca Juga: Kuota Mudik Gratis Kemenhub 2023 Masih Tersedia, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Program Motis 2023 sebetulnya sudah dimulai sejak 1 Maret lalu dan akan ditutup pada 3 Mei 2023 mendatang. Masyarakat yang ingin mudik gratis bawa motor dapat mengunjungi laman https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Selain itu, masyarakat dapat datang langsung ke Posko Motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Depok Baru, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Kiaracondong, Cirebon, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kutoarjo, Gombong, Kroya, Sidareja, Purwosari, dan Lempuyangan.

Adapun angkutan mudik motor gratis akan berangkat pada 11-20 April 2023 dan angkutan balik pada 25 April-4 Mei 2023.

Baca Juga: Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut 2023 Mulai Dibuka, Perhatikan Syaratnya

Masyarakat dapat menikmati layanan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu hingga Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya.

Program ini akan melayani tiga lintas pelayanan, yakni Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang, Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari, dan Lintas Selatan dengan rute Kiaracondong - Purwosari.


 



Sumber : Kai.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x