Kompas TV nasional peristiwa

Soal Polemik Timnas Israel di Piala Dunia U20, Mahfud MD: Bagi Bung Karno, Israel Itu Imperialis

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 21:22 WIB
soal-polemik-timnas-israel-di-piala-dunia-u20-mahfud-md-bagi-bung-karno-israel-itu-imperialis
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko polhukam) Mahfud MD. (Sumber: ANTARA/Gilang Galiartha)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menkopolhukam Mahfud MD menjelaskan sikap politik Indonesia terkait keikutsertaan timnas Israel dalam perhelatan Piala Dunia U20 2023 yang digelar di tanah air.

Seperti diketahui, keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20 2023 menjadi polemik di Indonesia. Beberapa kalangan menolak kehadiran timnas Israel.

Menanggapi hal itu, Mahfud mengatakan pemerintah mengupayakan jalar keluar dari masalah tersebut.

Dia pun menegaskan hingga kini, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

“Ya kita jalani proses-proses ini untuk dicari jalan keluar. Pokoknya prinsipnya indonesia itu tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka,” kata Mahfud MD di Istana Kepresidenan, Senin (27/3/2023), seperti dilaporkan jurnalis KOMPAS TV, Dipo Nurbahagia.

Baca Juga: Wagub Bali Sebut Wayan Koster Miliki Pertimbangan Matang Tolak Israel Berlaga di Daerahnya

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengutip pernyataan Presiden ke-1 Indonesia Soekarno alias Bung Karno, di forum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan Konferensi Asia Afrika.

Mahfud juga menyebut Bung Karno sempat menciptakan Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang atau Games of the New Emerging Forces (GANEFO).

Dikutip dari Kompas.id, GANEFO dibuat setelah Komite Olimpiade Internasional (OIC) dan Federasi Atletik Amatir Internasional (IAAF) mengancam tidak akan mengakui Asian Games IV 1962 yang digelar di Jakarta karena Indonesia tidak mengundang Taiwan dan Israel.

“Bagi Bung Karno, Israel itu imperialis,” ujarnya.

Mahfud memastikan Indonesia terus melakukan upaya guna menyatukan pro dan kontra terkait keikutsertaan timnas Israel agar Piala Dunia U20 2023 dapat tetap terselenggara di Indonesia.

“Oleh sebab itu kita olah ada dua pandangan ini agar indonesia tetap jaya dan sejahtera, maju, dan tetap tidak akan mendukung Israel, tetap akan mendukung kemerdekaan Palestina,” pungkas dia.

Baca Juga: Sejumlah Respon Soal Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia

Diberitakan sebelumnya, Piala Dunia U20 dijadwalkan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023. Perhelatan itu akan diikuti oleh 24 negara, termasuk Israel.

Adanya nama Israel membuat sejumlah pihak menyuarakan penolakan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salah satunya yang menolak karena penolakan itu wujud dari komitmen mendukung kemerdekaan Palestina.

Selain itu, Gubernur Bali Wayan Koster hingga Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana juga menolak adanya timnas Israel di Piala Dunia U20.


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x