Kompas TV nasional sosial

Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023 Masih Tersedia, Saat Ini Baru Terjual 37 Persen

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 23:27 WIB
tiket-kereta-api-mudik-lebaran-2023-masih-tersedia-saat-ini-baru-terjual-37-persen
Ilustrasi penumpang mudik kereta api jarak jauh di stasiun Gambir, Jakarta. (Sumber: Humas PT KAI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjualan tiket kereta api jarak jauh di masa angkutan mudik lebaran 2023 baru mencapai 37 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan.

Pihak PT KAI mencatat untuk keberangkatan kereta api tanggal 12 April sampai dengan 3 Mei 2023 sebanyak 1.006.393 tiket atau 37 persen. 

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menyatakan, jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.

Joni meminta agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket kereta api di masa angkutan lebaran 2023 masih cukup banyak tersedia.

Baca Juga: Tiket Masuk Ancol Gratis Selama Bulan Ramadan, Mulai Pukul 5 Sore Hingga 11 Malam!

Relasi favorit pelanggan di periode sebelum lebaran sejauh ini didominasi untuk kereta api dari arah barat (Jakarta/Bandung) menuju arah timur (Jawa Tengah/Jawa Timur).

Sebaliknya, untuk periode setelah lebaran, relasi favorit pelanggan perjalanan kereta api berasal dari timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah barat (Jakarta/Bandung).

Dalam catatannya, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya 20 April 2023. 

Di tanggal tersebut tiket terjual mencapai 63 persen, tanggal 21 April 2023 sebanyak 61 persen, dan tanggal 26 April 2023 sebanyak 55 persen.

Baca Juga: KAI Tebar Promo Tiket Kereta Api untuk Mudik dan Tiket Balik Tambahan, Ada Flash Sale Rp100.000

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur connecting train di aplikasi KAI access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ujar Joni dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/3/2023).

Joni menambahkan, untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik kereta api jarak jauh, pihak PT KAI menyediakan layanan vaksin booster gratis di stasiun-stasiun.

Fasilitas klinik mediska, fasilitas kesehatan milik KAI yang berlokasi di lingkungan stasiun juga disiapkan untuk umum dengan prioritas penumpang kereta api di masa mudik lebaran 2023.

Adapun layanan vaksin booster gratis tersebut saat ini tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto.

Baca Juga: Bank Indonesia Siapkan Rp 195 Triliun untuk Layanan Tukar Uang Baru Jelang Lebaran!

Kemudian Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Klinik Mediska Bandung.

Klinik Mediska Cirebon, Klinik Mediska Yogyakarta, Klinik Mediska Madiun, Klinik Mediska Jember, Klinik Mediska Ketapang, serta Klinik Mediska Probolinggo.

"KAI masih menerapkan persyaratan naik kereta api sesuai SE Menteri Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022," ujar Joni.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.