Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Respons Kejagung Periksa Lagi Johnny G Plate Terkait Kasus Korupsi BTS 4G: Kita Hormati

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 11:56 WIB
jokowi-respons-kejagung-periksa-lagi-johnny-g-plate-terkait-kasus-korupsi-bts-4g-kita-hormati
Presiden Jokowi respons soal Johnny G Plate saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Business Matching Produk Dalam Negeri yang digelar di Istora GBK, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (Sumber: Kompas.com/ Dian Erika)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespons soal salah satu menterinya, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate diperiksa lagi untuk kali kedua oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) pada hari ini, Rabu (15/3/2023).

Ini merupakan pemeriksaan kedua Johnny G Plate usai sebelumnya diperiksa sebagai saksi pada 14 Februari 2023 lalu.

Menurut Presiden, pihaknya menghormati proses hukum yang terjadi. 

"Ya kita hormati. Semua proses hukum kita hormati. Semua proses hukum kita hormati kepada siapa pun," kata Jokowi di Istora GBK, Jakarta, Rabu.

Adapun Johnny G Plate diperiksa sebagai saksi terkait dugaan kasus korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2020-2022.

Baca Juga: Lagi, Kejagung Periksa Menkominfo Johnny G Plate sebagai Saksi Korupsi Kasus BTS 4G Hari Ini

Sebelumya, Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia hari ini Rabu (15/3/2023) dijadwalkan memeriksa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate terkait dugaan kasus korupsi BTS 4G ini. 

Dilansir kompas.com Johnny G Plate sendiri sudah tiba di Kejagung pukul 08.45 WIB.

Selain kehadiran Menkominfo, Kejagung memastikan bahwa adik Johnny G Plate, Gregorius Alex Plate tidak turut diperiksa hari ini.

"GAP tidak," kata Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung, Kuntadi kepada wartawan, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Dirdik Jampidsus Dalami Kemungkinan Jhonny G Plate Jadi Tersangka Korupsi BTS 4G di Kominfo

Sebagai informasi, pemeriksaan Johnny G Plate pertama dilakukan pada Selasa (14/2/2023) lalu.

Pemeriksaan ini terkait pengawasan dan pertanggungjawaban selaku pengguna anggaran.

Dalam pemeriksaan, kurang lebih Johnny diperiksa selama sekitar 10 jam. Menkominfo saat itu dicecar sekitar 51 pertanyaan.

"Saya telah memberikan keterangan atas pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para penyidik Kejagung Republik Indonesia," ujar Johnny waktu itu di Kejagung usai pemeriksaan.


 



Sumber : Kompas TV/kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.