Kompas TV nasional peristiwa

Eksklusif! Richard Eliezer: Pelajaran dari Orang Tua agar Berkata Jujur Membuat Saya Lebih Berani

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 22:07 WIB
eksklusif-richard-eliezer-pelajaran-dari-orang-tua-agar-berkata-jujur-membuat-saya-lebih-berani
Narapidana kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua, Richard Eliezer, dalam program Rosi, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Richard Eliezer Pudihang Lumiu, narapidana kasus pembunuhan Brigadir Yosua, mengungkapkan alasannya berkata jujur kepada penegak hukum dan menjadi justice collaborator.

Eliezer mengungkapkan keputusan tersebut diambil karena sikap jujur yang selalu diajarkan oleh orang tuanya. Di sisi lain, ada hal yang bertentangan dengan hati nuraninya.

“Karena dari kecil saya memang diajarkan orang tua untuk selalu berkata jujur, jadi pada saat ada masalah kemarin, memang bertentangan dengan hati nurani saya," kata Eliezer dalam program Rosi yang ditayangkan Kompas TV, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Eksklusif! Keseharian Richard Eliezer di Rutan Bareskrim, Baca Buku hingga Belajar Bikin Skripsi

"Di samping itu, mungkin pelajaran dari orang tua untuk berkata jujur yang membuat saya lebih berani.”

Keputusannya untuk jujur dan menjadi pembuka kotak pandora skenario Ferdy Sambo ini disampaikan kepada mamanya, Rynecke Alma Pudihang.

Saat itu, dia mendapatkan kesempatan untuk menelepon sang mama.

“Saya bilang, ‘Mak, saya mau berkata jujur kepada penyidik’. Dan, mama saya bilang, ‘Ya. Lebih baik kamu jujur dek, mama bangga sama kamu kalau kamu jujur,’” ceritanya menirukan ucapan sang ibu.

Dalam panggilan telepon itu, pria yang akrab disapa Ichad ini mengungkapkan kesengsaraannya karena terlibat dalam kasus Ferdy Sambo. Eliezer pun mengaku menangis dalam percakapan telepon itu.

Baca Juga: Kapolri Ungkap Alasan Richard Eliezer Tak Dipecat dari Polri: Berani Pertahankan Kejujuran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x