Kompas TV nasional peristiwa

UII Bakal Periksa Rafie, Rektor: Mengalihkan Perjalanan ke AS Patut Diduga Tindakan Tidak Patuh

Kompas.tv - 25 Februari 2023, 07:20 WIB
uii-bakal-periksa-rafie-rektor-mengalihkan-perjalanan-ke-as-patut-diduga-tindakan-tidak-patuh
Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama dilaporkan hilang kontak setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-Humas UII/am.)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang dikabarkan hilang bakal diperiksa terkait dugaan pelanggaran disiplin kerja.

Pemeriksaan terhadap dosen jurusan informatika, Fakultas Teknologi Industri UII itu dilakukan setelah AMRP tiba di Tanah Air. 

Diketahui saat ini Rafie masih berada di luar negeri, informasi terakhir dosen tersebut berada di Boston, Amerika Serikat (AS).

Rektor UII Fathul Wahid menjelaskan pihak rektorat telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap AMRP setibanya di Tanah Air.

Baca Juga: UII Bentuk Tim Usut Dugaan Pelanggaran Indisipliner Dosen AMRP yang Sengaja Ubah Rute Perjalanan

Rafie diduga melakuakn indisipliner atau tidak patuh kepada aturan karena mengubah rute perjalanan pulang ke Amerika Serikat (AS) tanpa pemberitahuan.

"Tindakan AMRP mengalihkan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa pemberitahuan kepada UII sejak 12 Februari 2023 patut diduga sebagai tindakan indisipliner karena telah meninggalkan tanggung jawab yang menyebabkan dampak terhadap tata laksana organisasi," ujar Fathul Wahid dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Fathul menambahkan pihak kampus telah menerima pesan dari AMRP. Termasuk permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari Rafie kepada rektor dan seluruh sivitas akademika UII Yogyakarta atas kegaduhan yang muncul di publik terkait permasalahan ini.

Namun proses pemeriksaan dan klarifikasi dari AMRP tetap dilakukan. Pihaknya bahkan sudah membuat tim untuk memeriksa AMRP.

Baca Juga: Dibeberkan Polisi, Dosen UII Ahmad Munasir Ternyata 8 Kali ke Boston Beberapa Tahun Terakhir

"UII sebagai organisasi publik yang mengedepankan nilai-nilai tata kelola yang baik memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlakuan yang adil dan setara kepada seluruh sivitas berdasar pada regulasi yang berlaku di UII Yogyakarta," ujar Fathul.

Di sisi lain, Fathul menjelaskan UII Yogyakarta tetap mendoakan AMRP agar lekas mendapatkan kembali kesehatan yang prima. 

UII akan memberi pendampingan dan dukungan layanan kesehatan bagi Rafie, apabila diperlukan.

"UII telah mencermati alasan kondisi kesehatan mas Rafie yang menjadi penyebab pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat dan disampaikan melalui penjelasannya di dalam balasan email," ujar Fathul. 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x