Kompas TV nasional politik

Usai Dipakaikan Jaket PDIP, Teten Masduki Sebut 30 Persen Kredit Perbankan Harus untuk UMKM

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 11:28 WIB
usai-dipakaikan-jaket-pdip-teten-masduki-sebut-30-persen-kredit-perbankan-harus-untuk-umkm
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memakaikan jaket PDIP pada Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, saat menghadiri apel siaga di Lebak, Minggu (19/2/2023). (Sumber: Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

LEBAK, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto memakaikan jaket partai tersebut pada Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Minggu (19/2/2023).

Penyematan jaket itu dilakukan saat keduanya menghadiri Apel Siaga di Alun-alun Kabupaten Lebak, Banten.

Sebelum memakaikan jaket tersebut, Hasto menyampaikan kehadiran Teten yang bersamanya di panggung utama.

"Kita berikan tepuk tangan meriah kepada Bapak Teten Masduki, beliau juga kader PDI Perjuangan. Dan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada saat Bapak Presiden Jokowi membahas susunan Kabinet Indonesia Maju, maka sesuai dengan kepemimpinannya dan rekam jejaknya, Pak Teten Masduki dipercaya sebagai Menteri Koperasi," kata Hasto, dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga: Teten Diminta Pecat Pelaku Pemerkosaan Pegawai Kemenkop, Ini 7 Rekomendasi Tim Independen

Setelah memberikan arahan kepada kader dan pengurus DPD Banten, DPC Lebak, serta petinggi daerah di tingkat kabupaten/kota lain, Hasto menjelaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menginginkan adanya peningkatan ekonomi rakyat melalui koperasi.

Hasto lalu mempersilakan Teten untuk berbicara di hadapan kader PDI-P mengenai upaya keberpihakan Teten kepada wong cilik dan pembebasan Marhaen melalui koperasi.

"Sebelum saya akhiri, saya persembahkan jaket Bapak Menteri Koperasi buat komitmennya kepada wong cilik yang sesuai dengan ideologi PDI Perjuangan. Bapak Teten Masduki mohon untuk menerimanya. Ini simbol wong cilik," kata Hasto.

Teten kemudian menyampaikan programnya mengenai ekosistem ekonomi rakyat saat membantu Presiden Jokowi.

Ia menyebut, secara garis besar ada tiga hal yang sudah diterapkannya di pemerintahan, termasuk 3 persen kredit perbankan harus untuk UMKM.

"Pak Jokowi sudah menetapkan 30 persen dari kredit perbankan harus untuk UMKM. Hari ini sudah 20 persen," kata Teten.

Ia menambahkan, pihaknya telah berupaya memudahkan rakyat untuk berusaha. Dia menekankan tidak ada lagi usaha rakyat yang dipersulit.

Ketiga, belanja pemerintah 40 persen atau sekitar Rp 400 triliun dari APBN saat ini diwajibkan untuk membeli produk UMKM dan koperasi.

"Ini akan memperkuat ekonomi kerakyatan," lanjutnya.

Teten juga menuturkan bahwa pemerintah telah memberi akses agar 12,7 juta lahan diberikan kepada rakyat.

Baca Juga: Dukung Gelaran Formula E, Menteri Teten Optimistis Dapat Tingkatkan Omset UMKM

"Hari ini ekonomi kita cukup baik meski di tengah krisis dunia, ekonomi kita tumbuh 5,7 persen tertinggi dari negara G20. Yang membanggakan ekonomi kita ditopang oleh ekonomi dalam negeri, ekonomi rakyat.”

“Kita sudah menyaksikan bagaimana Bung Karno dulu mengajarkan kita soal kedaulatan ekonomi kita dan terbukti ekonomi kita bisa tumbuh kuat di tengah krisis dunia," kata Teten.


 



Sumber : tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.