Kompas TV nasional hukum

Soal Dukungan Vonis Ringan Eliezer, Gayus Ingatkan Legal Justice dan Sosial Justice Harus Seimbang

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 07:34 WIB
soal-dukungan-vonis-ringan-eliezer-gayus-ingatkan-legal-justice-dan-sosial-justice-harus-seimbang
mantan Hakim Mahkamah Agung Gayus Lumbuun bersama Pengacara Richard Eliezer, Ronny Talapessy di program Dua Arah KOMPAS TV, Jumat (10/2/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keadilan menurut hukum atau legal justice dan keadilan bagi masyarakat atau sosial justice seperti dua sisi koin sehingga tidak bisa saling menonjol satu dengan yang lain.

Begitu kata Mantan Hakim Mahkamah Agung Gayus Lumbuun terkait banyaknya dukungan dan pengajuan amicus curiae untuk membela terdakwa Richard Eliezer di program Dua Arah KOMPAS TV, Jumat (10/2/2023) malam

Menurut Gayus boleh saja banyak aliansi memberikan dukungan dan semangat, kemudian meminta hakim untuk memberi putusan ringan terhadap Richard Eliezer

Tapi perlu diingat jika dukungan tersebut hanya sebatas sosial justice, maka sisi kedilan menurut hukum akan hilang. 

Baca Juga: Alasan Pihak Akademisi Jadi Amicus Curiae untuk Keadilan Eliezer

"Kalau harapan mereka kepada sosial justice, itu kan tidak mungkin nanti hukum kita seperti apa. Nanti hukum kita dilemparkan saja ke publik, ke pasar-pasar mari kita hukum dengan cara apa, teriak semua," ujar dia.

Gayus menambahkan bukan berarti keadilan yang diminta masyarakat tidak penting dalam kasus ini, tapi perlu keseimbangan.

Menurut Gayus perbandingan aturan hukum dengan kedilan di masyarakat sama seperti dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. 

Salah satu contoh terkait perdebatan publik mengenai Richard menembak atas perintah. Hal ini perlu peran dari legal justice dalam menilai apakah perintah tersebut perintah sah atau tidak. 

Baca Juga: Mengenai Hasil Tes Poligraf, Pakar Sebut Hakim Harus Penuhi Legal Justice dalam Memutus Perkara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.