Kompas TV nasional update

Satgas Anti Mafia Tanah Polri Panggil Bripka Madih, Minta Klarifikasi soal Penyerobotan Tanah

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 08:33 WIB
satgas-anti-mafia-tanah-polri-panggil-bripka-madih-minta-klarifikasi-soal-penyerobotan-tanah
Bripka Madih dalam konferensi pers terkait kasus polisi peras polisi di Polda Metro Jaya, Minggu (5/2/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Anti Mafia Tanah Bareskrim Polri memanggil Bripka Madih hari ini, Jumat (10/2/2023) untuk meminta klarifikasi terkait laporan penyerobotan tanah yang ia adukan sebelumnya.

“Yang bersangkutan membuat aduan dan rencana akan kami klarifikasi tentang pengaduannya hari ini,” kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Djuhandani Rahardjo Puro, Jumat (10/2) dilansir dari Antara.

Undangan klarifikasi untuk Bripka Madih itu dilayangkan melalui sebuah surat tertanggal 8 Februari 2023 oleh Penyidik Dittipidum Bareskrim Polri.

Surat undangan klarifikasi tersebut salah satunya merujuk pada surat pengaduan Bripka Madih perihal adanya dugaan penyerobotan tanah pada tanggal 24 Januari 2023.

Satgas Anti Mafia Tanah Bareskrim Polri juga telah menerima surat pengaduan dari Bripka Madih yang menerangkan adanya dugaan penyerobotan lahan milik orang tuanya, H Tonge Nyimin, oleh Mulih dkk.

Bripka Madih menerangkan, orang tuanya memiliki hak atas tanah berupa Surat Girik Nomor 191 yang terletak di Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi.

Baca Juga: Babak Baru Kasus 'Polisi Peras Polisi', Bripka Madih Dilaporkan ke Polda Metro usai Mengaku Diperas

Menanggapi perihal surat undangan Bareskrim Polri tersebut, pengacara Bripka Madih, Yasin Hasa, menyatakan bahwa kliennya akan hadir untuk memenuhi panggilan Satgas Anti Mafia Tanah pada Jumat ini pukul 10.00 WIB.

“Rencananya kami akan hadir, Pak Madih didampingi penasehat hukumnya akan hadir,” kata Yasin, Jumat (10/2).

Yasin menerangkan, setelah memberikan klarifikasi kepada penyidik, Bripka Madih juga akan melayangkan pengaduan kepada Propam Polri terkait pernyataan seorang pejabat dan penyidik di Polda Metro Jaya.

“Iya, laporan kepada Propam terkait dengan statement pejabat dari Polda Metro Jaya dan penyidik lah,” ucapnya.

Sebelumnya, kasus penyerobotan lahan yang diadukan Bripka Madih menjadi sorotan publik hingga kata kunci "polisi peras polisi" viral di media sosial. 

Baca Juga: Warga Beramai-Ramai Laporkan Bripka Madih ke Polda Metro Jaya Atas Kasus Sengketa Lahan

Pasalnya, anggota Provos Polsek Jatinegara itu mengaku diperas penyidik polisi yang meminta sejumlah uang untuk melancarkan proses pengurusan sengketa lahan milik orang tuanya.

Padahal, kasus sengketa lahan Bripka Madih itu sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya sejak tahun 2011.


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.