Kompas TV nasional peristiwa

Saat Jokowi Ikuti Jalan Sehat Seabad NU di Solo, Harapkan Seluruh Warga Nahdliyin Sehat

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 08:41 WIB
saat-jokowi-ikuti-jalan-sehat-seabad-nu-di-solo-harapkan-seluruh-warga-nahdliyin-sehat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti acara jalan sehat peringatan satu abad NU di Solo dan berharap acara tersebut sehatkan warga Nahdliyin, Minggu (22/1/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti acara jalan sehat peringatan satu abad Nahdatul Ulama (NU) di Surakarta (Solo) dan berharap acara tersebut menyehatkan warga Nahdliyin, Minggu (22/1/2023) pagi.

"Saya sangat mengapresiasi Porseni dan jalan sehat diadakan di Kota Solo, diharapkan Porseni dan Jalan Sehat seluruh warga Nahdliyin sehat semuanya," ungkap Presiden Jokowi, Minggu (22/1) dilansir dari Kompas.com.

"Dan warga negara Indonesia sehat semuanya dengan kesehatan itulah negara kita akan kuat. Saya mengucap selamat jalan sehat dan ikut awal sampai akhir, insyaallah," imbuhnya.

Walikota Solo periode 2005-2012 itu juga mengatakan bahwa NU memberikan kontribusi besar untuk Indonesia.

"Semua sudah tahu kontribusinya besar apa yang sudah diberikan NU. Semua sudah tahu," kata Jokowi.

Jokowi tampak mengikuti jalan sehat bersama Ibu Iriana dan cucunya, Jan Ethes Srinarenda di barisan depan menggunakan pakaian olahraga berwarna putih.

Baca Juga: Jalan Sehat Bareng Presiden Jokowi Peringatan Seabad NU, Ribuan Warga Padati Pura Mangkunegaran Solo

Lalu, tampak pula sejumlah tokoh yang mengikuti acara jalan sehat dalam rangka perayaan hari ulang tahun (harlah) NU itu, di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Anggota DPR RI Aria Bima, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Mangkunegara X.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga turut hadir, di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Olahraga Zainuddin Amali, dan Menkopolhukam Mahfud MD. 

Kemudian, ada juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Rute jalan sehat itu akan melewati Pura Mangkunegaran, ke barat melewati Jalan Ronggowarsito dan Jalan dr Sutomo hingga Jalan Slamet Riyadi. Kemudian, berjalan ke timur di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro, hingga akhirnya berada di kawasan Depan Pasar Triwindu.

Sekitar 3.500 personel tim gabungan Polri, TNI, dan unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pun diterjunkan untuk melakukan pengamanan kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 5.000 peserta tersebut.

"Pelaksanaan pengamanan juga lebih estimasi, total personel gabungan 3.500 personel akan bergerak dinamis, mengingat bagaimana pergerakan di lapangan. Namun demikian tetap berfokus juga pada kegiatan masyarakat yang lain," kata Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, Minggu (22/1).

Baca Juga: Round-Up: Dana Rp1 Miliar Pembunuhan Berantai Wowon Cs, Profesi Tersangka Duloh, Kabar Liburan Imlek

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo mengatakan pihaknya melakukan sterilisasi jalur di Jalan Ronggowarsito sejak pukul 04.00 WIB hingga acara jalan sehat usai.

Akan tetapi, jalur Slamet Riyadi hingga Simpang Empat Purwosari dan Bundaran Gladak tetap dibuka seperti hari Minggu biasanya yang digunakan sebagai lokasi Car Free Day (CFD) Solo. 

Selain itu, Dishub Solo juga telah menyiapkan delapan area parkir yang tersebar di sejumlah rute jalan sehat, yakni Jalan Hasanudin, Jalan Dr Supomo, dan Jalan Dr Cipto. Lalu, ada juga di Jalan Bhayangkara, Jalan Museum, Jalan Imam Bonjol, dan Benteng Vastenburg.


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x