Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Resmikan SPAM Durolis Senilai Rp396 Miliar, Suplai Air Bersih ke 3 Wilayah

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 14:04 WIB
jokowi-resmikan-spam-durolis-senilai-rp396-miliar-suplai-air-bersih-ke-3-wilayah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis (Durolis), Kamis (05/01/2023). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis (Durolis), Kamis (5/01/2023).

Adapun SPAM ini dibangun di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Kepala Negara menyebut, proyek penyediaan air baku berkualitas bagi tiga wilayah tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp396,6 miliar.

"Alhamdulillah pada siang hari ini kita bisa melihat Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) bagi masyarakat di Rokan Hilir, di Bengkalis, dan di Kota Dumai," kata Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.


 

"Proyek ini menghabiskan anggaran Rp396,6 miliar. Uang yang tidak sedikit, yang dikeluarkan dari Kementerian PUPR. Dan, tanahnya disediakan 5 hektare oleh Kabupaten Rokan Hilir."

Menurut penjelasannya, SPAM di Rokan Hilir ini, akan menyuplai air bersih ke 32 ribu rumah tangga di Dumai, di Rokan Hilir dan di Bengkalis.

Baca Juga: Pengamat Prediksi Jokowi Akan Menyisakan 1 Menteri Asal Nasdem Saat Reshuffle

Presiden pun meminta agar SPAM Durolis ini dapat segera dihubungkan dengan seluruh rumah tangga sasaran.

"Oleh sebab itu, saya minta nanti karena ini baru, penggunaan airnya baru. Kurang lebih berapa persen, Bu? Baru 400 liter per detik, kita harapkan ini masih memiliki space/ruang yang masih banyak, yang nanti bisa disalurkan ke lebih banyak lagi air minum ke rumah tangga-rumah tangga yang ada di sini," ujarnya.

"Oleh sebab itu, ini akan terus ditindaklanjuti apabila yang 32 ribu saluran rumah tangga tadi bisa diselesaikan."

Jokowi berharap SPAM tersebut menjadi penyediaan air minum dengan kualitas yang baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis, dan Dumai yang akan menyehatkan dan menyejahterakan masyarakat.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau," ujar Jokowi meresmikan SPAM Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis.

Baca Juga: Ngabalin Minta Menteri yang Kena Reshuffle Jokowi Menerima Lapang Dada: Jangan Marah dan Dongkol



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x