Kompas TV nasional rumah pemilu

Ketua MPR: Partai Peserta Pemilu 2024 Harus Mengedepankan Kesantunan dalam Berpolitik

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 16:03 WIB
ketua-mpr-partai-peserta-pemilu-2024-harus-mengedepankan-kesantunan-dalam-berpolitik
Ilustrasi politik. Ketua MPR mengimbau partai politik mengedepankan kesantunan dalam meramaikan pesta demokrasi. (Sumber: kompas/didi sw)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengimbau kepada seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 untuk mengedepankan kesantunan dalam meramaikan pesta demokrasi nanti. 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan sebanyak 17 parpol yang akan menjadi peserta dalam Pemilu 2024 mendatang. 

Baca Juga: Indeks Kerawanan Pemilu di Jateng Masuk Kategori Rawan Sedang

"Semua kontestan pemilu hendaknya mengedepankan kesantunan dalam berpolitik, membuang jauh-jauh dikotomi politik yang menyebabkan perpecahan pada kutub-kutub yang berseberangan," kata pria yang karib disapa Bamsoet itu seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/12/2022). 

Menurut dia, semua elemen masyarakat harus menjadikan pemilu sebagai bagian penting dari proses pendewasaan politik dan proses pematangan demokrasi. 

Bamsoet meminta seluruh pihak untuk tak lagi memainkan isu politik identitas yang membentuk polarisasi di masyarakat.

Politikus Partai Golkar itu menilai semua parpol boleh saling bersaing untuk mendapat dukungan masyarakat, tetapi tidak dengan membawa isu agama, suku, ras yang mencederai demokrasi Indonesia.

"Sudah bukan masanya lagi membawa-bawa isu agama, suku ataupun ras hanya untuk meraih suara terbanyak, tetapi menimbulkan dampak besar berupa perpecahan di kalangan masyarakat. Kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa harus menjadi prioritas utama," ujarnya.

Dia berharap setiap elemen bangsa membangun situasi dan mendorong koalisi partai politik secara aman serta damai di Pemilu 2024.

Selain itu, seluruh parpol dan masyarakat harus menjadikan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 sebagai sebuah kompetisi yang suka ria dan tidak memecah belah persatuan.

Baca Juga: 17 Parpol Lolos sebagai Peserta Pemilu 2024, Hanya Partai Ummat yang Gagal

"Seluruh elemen bangsa membangun situasi dan mendorong koalisi partai politik secara aman dan damai," katanya. 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.