Kompas TV nasional sosial

Kemenkominfo Perkirakan Terjadi Lonjakan Traffic Komunikasi hingga 17 Persen pada Nataru Tahun Ini

Kompas.tv - 26 Desember 2022, 16:39 WIB
kemenkominfo-perkirakan-terjadi-lonjakan-traffic-komunikasi-hingga-17-persen-pada-nataru-tahun-ini
Dirjen Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo memperkirakan lonjakan traffic komunikasi pada momen Natal dan tahun baru kali ini mencapai tiga hingga 17 persen dari waktu normal. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperkirakan lonjakan traffic komunikasi pada momen Natal dan tahun baru kali ini mencapai tiga hingga 17 persen dari waktu normal.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo, dalam konferensi pers, Senin (26/12/2022).

“Lonjakan trafficnya di tahun ini diperkirakan antara tiga persen sampai 17 persen dari traffic normal. Jadi tahun ini terjadi lonjakan traffic yang cukup tinggi,” jelasnya dalam konferensi persyang disiarkan langsung melalui YouTube Kompas TV.


 

Ismail menjelaskan, dalam rangka pesiapan Natal dan tahun baru, Kemenkominfo juga telah melakukan koordinasi untuk melakukan pengecekan persiapan operator telekomunikasi.

Persiapan tersebut khususnya dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan traffic.

Baca Juga: Kemenkominfo Gelar Digiers Day, Sekaligus Luncurkan Aplikasi Job Portal "Diploy"

“Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap adanya suatu event nasional atau hari besar, selalu terjadi adanya pergerakan masyarakat yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain,” tuturnya.

Pergerakan dan perpindahan tempat tersebut, kata dia, memicu meningkatnya traffic komunikasi.

Pada tahun ini, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, memang terjadi perbedaan dibandingkan saat pandemi Covid-19.

“Pergerakan masyarakat sekarang jauh lebih dinamis dibanding dengan pada saat era covid-19.”

Selain memperkirakan adanya peningkaatan traffic sebesar tiga hingga 17 persen dibandingkan masa normal, juga diperkirakan adanya peningkatan traffic hingga 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi peningkatan sampai dengan 19 persen, jadi 4 persen hingga 19 persen dibandingkan tahun lalu.”

“Jadi ada dua angka ya, pertama adalah kenaikan dari traffic normal, kedua adalah kenaikan dari tahun sebelumnya,” ucapnya menegaskan.

Untuk mengantisipasi lonjakan traffic komunikasi tersebut, pihaknya melakukan persiapan, terutama operator layanan komunikasi untuk menyiapkan berbagai fasilitas tambahan.

“Untuk Natal dan tahun baru ini, terutama posisi Natal kemarin, tanggal 25, alhamdulillah kita melihat tidak ada gangguan yang signifikan yang terjadi akibat lonjakan traffic.”

Baca Juga: Kominfo Imbau Warga Jawa Timur Segera Pasang STB Jelang Suntik Mati Siaran TV Analog 20 Desember

Ia berharap hal ini masih berlanjut hingga akhir tahun atau awal tahun baru 2023, dan harapan lain adalah seluruh operator telekomunikasi tetap mampu mengatasi dan mengantisipasi lonjakan traffic.

“Untuk mengatasi dan mengantisipasi kenaikan traffic pada periode Natal dan tahun baru, perlu ada peningkatan kapasitas dari infrastruktur yang disiapkan,” tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.