Kompas TV nasional update

PB IDI Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes selama Libur Nataru: Status Pandemi Masih Berlaku

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 21:05 WIB
pb-idi-ingatkan-masyarakat-patuhi-prokes-selama-libur-nataru-status-pandemi-masih-berlaku
Dua perempuan yang mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19, berjalan di trotoar di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satuan Tugas (Satgas) Covid Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) akhir pekan ini. 

PB IDI menyebut status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) belum dicabut pemerintah. Mereka berharap besarnya arus liburan kali ini tidak memicu kasus baru. 

“Status pandemi masih berlaku, dan demikian juga halnya dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata DR Dr Erlina Burhan, SpP(K), MSc, Ketua Satgas Covid PB IDI dari rilis yang diterima Kompas.tv, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga: Perayaan Natal Pertama Keluarga Tanpa Kehadiran Yosua, Begini Harapan Sang Ayah...

Selain itu, meski varian baru virus CoVID yang ada saat ini tergolong ringan, namun bukan berarti varian lama sudah tidak ada.

"Oleh karena itu, kami berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan terutama menggunakan masker demi melindungi diri dan orang sekitar terutama saat berada di kerumunan," imbuh Erlina Burhan. 

“Menggunakan masker telah terbukti membantu mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui droplet. Meski aktifitas sekitar mulai berjalan normal, namun perilaku menggunakan masker sebaiknya tetap dilakukan terutama saat berada di kerumunan."

"Bagi masyarakat yang sedang mengalami gejala, tidak dianjurkan untuk bepergian, dan atau segera lakukan tes,” tandasnya. 

Baca Juga: Tren Kasus Covid-19 Cenderung Melandai, MUI Himbau untuk Tetap Jaga Prokes Saat Perayaan Nataru

Selain itu, Satgas Covid PB IDI juga mewanti-wanti kepada masyarakat untuk segera mengambil vaksin booster, terutama bagi masyarakat berisiko tinggi macam lansia. 

Sementara itu, Ketua Umum PB IDI Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT meminta para tenaga medis untuk tetap berkomitmen melayani masyarakat selama libur Nataru akhir pekan ini. 

"Kami juga meminta para tenaga kesehatan untuk terus mengedukasi pasien dan masyarakat sekitar untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kebersihan lingkungan," kata dr Adib Khumaidi, SpOT.

Di sisi lain, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengingatkan, masyarakat untuk waspada ketika membawa anak-anak di kerumunan, dan tetap menjalankan protokol kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Pedagang Hampers Banjir Pesanan

“Aktifitas liburan bersama keluarga adalah baik untuk anak bersosialisasi dengan teman sebayanya dan mengurangi paparan screentime," kata Piprim Basarah.

"Selain itu, orang tua juga perlu memperhatikan asupan makanan utama dan kudapan anak selama masa liburan ini, serta melakukan vaksinasi kejar sebelum berlibur,” tandasnya.


 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x