Kompas TV nasional sosial

Survei Indikator: 60 Persen Responden Setuju Ketua dan Pengurus PSSI Mundur terkait Kasus Kanjuruhan

Kompas.tv - 13 November 2022, 15:43 WIB
survei-indikator-60-persen-responden-setuju-ketua-dan-pengurus-pssi-mundur-terkait-kasus-kanjuruhan
Para suporter sepak bola menggotong seorang pria yang terluka dalam kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam. Kericuhan terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya yang kemudian berujung tragedi yang menewaskan ratusan orang. (Sumber: AP Photo/Yudha Prabowo)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 60,2 persen responden survei Indikator Politik Indonesia yang bertajuk Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI, setuju jika ketua umum dan seluruh pengurus PSSI mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban atas peristiwa tersebut.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan survei itu melibatkan 1.220 responden.

Dari jumlah tersebut, 83,4 persen mengaku mengetahui tentang tragedi Kanjuruhan, dan 16,6 persen mengaku tidak tahu.

Pada pertanyaan apakah responden setuju dengan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) bahwa ketua umum PSSI dan seluruh jajarannya harus mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral, mayoritas menyatakan setuju.

“Mayoritas sangat setuju atau setuju, 60,2 persen mengatakan setuju dengan rekomendasi TGIPF agar Ketua Umum PSSI dan seluruh jajarannya mengundurkan diri,” jelas Burhanuddin dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Indikator Politik Indonesia, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Survei Indikator: 39,1% Responden Sebut Polisi Paling Bertanggung Jawab atas Tragedi Kanjuruhan


Sementara jumlah responden yang menyatakan kurang atau tidak setuju hanya 18,3 persen, dan yang tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 21,4 persen.

“Yang tidak menjawab, mungkin merasa isunya di luar kapling mereka, 21,4 persen.”

Rincian persentase responden pada pertanyaan itu adalah sangat setuju sebanyak 5,6 persen, setuju 54,6 persen, kurang setuju 12,8 persen, sangat tidak setuju 5,5 persen.

Survei itu juga menanyakan tentang apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah untuk merespons rekomendasi TGIPF tentang PSSI.

“Kemudian kita juga tanya, menurut Ibu Bapak, sebaiknya apa yang dilakukan oleh pemerintah untuk menindaklanjuti rekomendasi TGIPF tersebut,” kata Burhanuddin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.