Kompas TV nasional kesehatan

Obat Gagal Ginjal Bantuan Australia-Singapura Sudah Sampai di RI, Harganya Rp16 Juta untuk 1 Orang

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 05:39 WIB
obat-gagal-ginjal-bantuan-australia-singapura-sudah-sampai-di-ri-harganya-rp16-juta-untuk-1-orang
Menkes Budi Gunadi Sadikin (empat dari kiri) membuka acara senam bersama dalam rangka Hari Osteoporosis Nasional di Jakarta, Ahad (23/10/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, 26 vial obat Fomepizole untuk pengobatan gangguan ginjal akut progresif atipikal (atypical progressive acute kidney injury) telah dibawa ke Tanah Air pada Minggu (23/10/2022).

Budi menyebut Indonesia mendapatkan 10 vial obat Fomepizole dari Singapura dan 16 dari Australia.

"Hari ini (Minggu), di-hand carry, dibawa lewat pesawat, ada orang yang ambil," kata Budi usai senam bersama dalam rangka Hari Osteoporosis Nasional di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Cerita Yanti, Bayinya Usia 1 Tahun Wafat dalam Dua Minggu Akibat Gagal Ginjal, Padahal Jarang Sakit

Budi menyampaikan, obat yang membantu pemulihan pasien gangguan ginjal akut itu sebagai obat langka. Dia juga mengapresiasi dan rasa terima kasih atas bantuan Singapura dan Australia.

"Obat ini masih langka, ya, kita bisa dibantu. Saya telepon menteri kesehatan Singapura sama Australia langsung dikasih," ujar Budi.

Menurut Budi, harga per vial Fomepizole saat ini adalah Rp16 juta.

“Satu vialnya Rp16 juta harganya, itu untuk sementara kita yang nanggung,” kata Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Menkes Budi mengatakan telah memesan 200 vial Fomepizole injeksi yang diperuntukkan bagi satu pasien per vial, dengan dosis injeksi 1,5 gram atau 1,5 ml.

Obat itu sebelumnya sudah diuji coba kepada 10 pasien yang sedang dirawat di RSCM Jakarta. Reaksi Fomepizole memicu perbaikan gejala pasien dan sebagian lainnya stabil.

Baca Juga: Kisah Bayi 11 Bulan Selamat dari Gagal Ginjal Akut Setelah Lima Kali Cuci Darah

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana mendistribusikan obat antidotum (penawar) untuk penyakit gangguan ginjal akut misterius (acute kidney injury/AKI) ke sejumlah rumah sakit.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x