Kompas TV nasional kesehatan

BREAKING NEWS! Kasus Pertama Monkeypox alias Cacar Monyet di Indonesia Terkonfirmasi, Ini Gejalanya

Kompas.tv - 20 Agustus 2022, 18:05 WIB
breaking-news-kasus-pertama-monkeypox-alias-cacar-monyet-di-indonesia-terkonfirmasi-ini-gejalanya
Jubir Kemenkes Muhammad Syahril mengumumkan kasus pertama monkeypox alias cacar monyet di Indonesia. (Sumber: YouTube/Kemenkes)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan kasus pertama monkeypox alias cacar monyet yang terkonfirmasi di Indonesia.

Juru bicara Kemenkes Muhammad Syahril mengatakan bahwa pasien monkeypox pertama di Indonesia ini ditemukan di DKI Jakarta.

“Hari ini, pasiennya ada yang satu terkonfirmasi dari DKI Jakarta, seorang laki-laki, umur 27 tahun,” kata Syahril dalam konferensi pers daring yang digelar Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga: Waspada Monkeypox, Kemenkes Minta Sektor Kesehatan Ikuti Imbauan Berikut

Syahril menjelaskan bahwa pasien pertama monkeypox di Indonesia itu sudah melakukan tes PCR dan hasilnya positif terpapar cacar monyet.

”Dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam, dan kami hari ini mengumumkan kepada masyarakat.”

Pasien tersebut sebelumnya bepergian ke luar negeri dan mengalami serangkaian gejala monkeypox, yakni demam, pembesaran kelenjar getah bening, dan ruam-ruam di beberapa bagian tubuh.

Syahril mengatakan bahwa saat ini pasien tersebut dalam kondisi yang stabil dan tidak mengalami gejala yang berat.

“Pasien ini memang habis bepergian dari luar negeri, dengan gejala di tanggal 14 ada demam, kemudian ada pembesaran kelenjar limfe, tapi keadaannya baik, artinya tidak sakit berat. dan ada cacarnya atau ruam-ruam di muka, di telapak tangan, kaki, dan sebagian di sekitar alat genitalia,” paparnya.

Baca Juga: Apa Itu Cacar Monyet dan Gejala Monkeypox yang Diperingatkan WHO

Sebelumnya, sebanyak 23 suspek monkeypox menjalani pemeriksaan. Hasilnya, 22 suspek dinyatakan negatif. Sementara, satu di antaranya terkonfirmasi monkeypox pertama di Indonesia.

Saat ini, pihak Kemenkes tengah melakukan contact tracing terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien monkeypox tersebut.


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x