Kompas TV nasional peristiwa

Kemenkes Laporkan 14 Jemaah Haji yang Tiba di Indonesia Positif Covid-19

Kompas.tv - 19 Juli 2022, 23:40 WIB
kemenkes-laporkan-14-jemaah-haji-yang-tiba-di-indonesia-positif-covid-19
Sejumlah jemaah haji kloter pertama melakukan sujud syukur setibanya di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022). (Sumber: Kompas TV/ANT/Umarul Faruq)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan, sebanyak 14 jemaah haji yang tiba di Indonesia dari Arab Saudi terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (19/7/2022).

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana mengungkapkan, sebanyak 9.551 jemaah haji telah tiba di Tanah Air. Namun, sebanyak 14 orang terjangkit Covid-19.

"Dari total 9.551 haji yang sudah kembali ke Tanah Air, yang positif COVID-19 ada 14 orang," kata Budi dikutip dari Antara.

Ia menjabarkan, 13 orang jemaah haji yang terpapar virus corona dilaporkan dari Debarkasi Surabaya, sedangkan 1 lainnya dilaporkan dari Debarkasi Solo.


Baca Juga: Epidemiolog Sebut Jemaah Haji Tidak Perlu Karantina 2 Minggu, Cukup 5 Hari Sepulang dari Arab

Budi menjelaskan, jemaah haji yang terpapar Covid-19 bergejala ringan. Kemenkes kemudian memberikan prosedur perawatan pasien sesuai protokol kesehatan dengan isolasi mandiri.

"Sementara ini gejalanya ringan. Jadi isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing," ujarnya.

Jemaah yang terpapar Covid-19, jelas Budi, tetap dilakukan pemantauan kesehatan secara mandiri selama 21 hari ke depan di tempat masing-masing.

Baca Juga: Update Haji 2022: 11.588 Jemaah Tiba di Tanah Air, 61 Orang Meninggal Dunia

Selain itu, jelas Budi, pihaknya telah membagikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH) kepada jemaah yang tiba di debarkasi.

Kartu itu berisi riwayat skrining kesehatan selama di Arab Saudi.

K3JH berguna untuk memantau kondisi kesehatan jemaah, mengingat masa inkubasi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 berkisar dua pekan usai kontak erat dengan pasien.

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x