Kompas TV nasional kesehatan

Imbas Kasus Covid-19 kembali Meningkat, Pemerintah Didesak Wajibkan Lagi Pemakaian Masker

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 14:21 WIB
imbas-kasus-covid-19-kembali-meningkat-pemerintah-didesak-wajibkan-lagi-pemakaian-masker
Dua perempuan yang mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19, berjalan di trotoar di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 di Indonesia yang dilaporkan mengalami kenaikan membuat sejumlah kalangan mendesak pemerintah kembali mewajibkan penggunaan masker di luar ruangan. Salah satu yang mendesak adalah Satgas Waspada dan Siaga Covid-19, Selasa (21/6/2022).

Satgas Waspada dan Siaga Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Erlina Burhan memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk mewajibkan bermasker di area terbuka lagi.

"Pemakaian masker di ruang terbuka kembali dianjurkan," tutur Erlina dikutip dari Kompas.com, Selasa.

Baca Juga: Ganjar: Kasus Covid-19 Naik, PPKM Akan Kembali Diberlakukan

Kasus Covid-19 yang fluktuatif, jelas Erlina haruslah membuat pemerintah sigap dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat. Pasalnya, Erlina menilai saat ini masyarakat sudah jenuh dengan kondisi pandemi.

PB IDI tetap merekomendasikan agar masyarakat tetap menggunakan masker meski di ruang terbuka terlebih di ruang tertutup.


"Dalam kondisi saat ini, kami dari PB IDI meminta agar tetap gunakan masker meski di ruang terbuka apalagi di ruang tertutup," tutur Erlina.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Kembali Naik, Jokowi Imbau Masyarakat Segara Vaksin Booster

Satgas Covid-19 melaporkan tambahan sebanyak 1.180 kasus positif Covid-19 di Indonesia pada Senin (20/6/2022) kemarin. Diketahui penambahan kasus paling banyak terjadi di DKI Jakarta dengan 701 kasus. Diikuti oleh Jawa Barat 184 kasus.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo diketahui telah memutuskan melonggarkan penggunaan masker untuk masyarakat Indonesia. Pelonggaran ini ditetapkan karena penanganan pandemi di Tanah Air semakin membaik.

"Pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan memakai masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di tempat atau area terbuka yang tidak ada orang, maka diperbolehkan tidak memakai masker," tutur Jokowi, 17 Mei 2022 silam.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x