Kompas TV nasional wisata

Sandiaga Dukung Formula E Dikembangkan Jadi Sport Tourism

Kompas.tv - 5 Juni 2022, 10:36 WIB
sandiaga-dukung-formula-e-dikembangkan-jadi-sport-tourism
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno tiba di Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol, Sabtu (4/6/2022). (Sumber: Kompas.tv/Hasya Nindita)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendukung Formula E dikembangkan menjadi Sport Tourism atau wisata berbasis olahraga di DKI Jakarta.

Menurutnya, Sport Tourism dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Terlebih saat ini kesadaran seseorang pada kesehatan lebih meningkat karena pandemi COVID-19.

Terkait itu, ia menyebut akan lebih dulu mengumpulkan data dan berkolaborasi dengan Pemprov DKI dan pihak-pihak yang terlibat di Formula E.

"Kami sangat karena Sport Tourism akan mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara yang berkualitas dan wellnes. Karena pandemi meningkatkan kita terhadap kesadaran kesehatan," kata Sandiaga dalam dialog Sapa Indonesia Akhir Pekan KOMPAS TV, Minggu (5/6/2022).

Lebih lanjut, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta mengatakan potensi 'kue' ekonomi dari Sport Tourism itu sangat besar sekitar Rp18-20 Triliun.

Oleh sebab itu, ia mendorong kegiatan lain seperti Formula E, MotoGP, atau kegiatan lain untuk bisa mengarah menjadi Sport Tourism.

Baca Juga: Sandiaga Uno Tiba Sirkuit Formula E Jakarta: Mau Ketemu Tuan Rumahnya Dulu, Biar Enggak Kualat

"Sport Tourism itu potensinya sangat besar industrinya sekitar 1,5 Milyar dollar atau sekitar Rp 18-20 triliun. Oleh karena itu event Formula E, MotoGP atau kegiatan yang lain harus kita hadirkan dengan berkolaborasi antara pemerintah daerah, pusat, dunia usaha swasta dan komunitas," ujarnya.

Meski begitu, Sandi menekankan bahwa tidak hanya bidang otomotif yang bisa dikembangkan menjadi Sport Tourism melainkan kegaitan lain seperti maraton, sepeda, ataupun renang.

Bahkan ia menyoroti terkait keterlibatannya sponsor asing yang turut membantu dalam pengembangan Sport Tourism. Menurutnya hal itu menarik karena tidak membebani seluruhnya pada pemerintah.

"Sponsor dari asing menarik sekali. Jadi kita ada peluang bahwa semuanya tidak dibebani kepada pemerintah dan negara tapi didistribusikan ke seluruh stakeholder pemangku kepentingan. Jadi model seperti ini yang harus dikembangkan untuk Sport Tourism kedepan," ungkapnya.

Hadir dalam ajang Formula E kemarin, Sabtu (4/6/2022), Sandiaga bersyukur dan mengapresiasi atas lancarnya kegiatan yang dilakukan dengan kolaborasi itu.

Baginya, Formula E jadi sebuah inovasi baru di sektor otomotif dan menarik karena menggunakan energi ramah lingkungan dengan mengedepankan listrik.

"Betul-betul bersyukur penyelenggaraannya lancar dan sangat mengapresiasi kolaborasi luar biasa dari semua pihak," tutur Sandi.

Bahkan ia bersyukur karena Formula E banyak melibatkan UMKM. Terkait itu, dia akan menghitung secara pasti dampak Formula E terhadap ekonomi dan lapangan kerja.

"Saya lihat huga banyak UMKM yang terbantu dari kolaborasi Pemerintah Daerah dan pusat, kita akan menghitung berapa dampak ekonomi dan berapa jumlah lapangan kerja yang terbuka," imbuhnya.

Baca Juga: Pengamat Usulkan Formula E Tak Sekadar Event Olahraga tapi Dikembangkan Jadi Sport Tourism



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.